PEMBANGUNAN GAME UNTUK MEDIA PENGENALAN TATA BAHASA SUNDA (Studi Kasus : SD Negeri Sukarasa 1 Bandung)

Agung Imam Syahputra, 12.304.0382 (2018) PEMBANGUNAN GAME UNTUK MEDIA PENGENALAN TATA BAHASA SUNDA (Studi Kasus : SD Negeri Sukarasa 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
123040382.pdf

Download (682kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Upaya pelestarian kebudayaan daerah dalam bentuk game (game edukasi) sebagai media pembelajaran merupakan alternatif diharapkan efektif untuk diterapkan. Menurut [Vir 05] teknologi game dapat memotivasi pembelajaran dan melibatkan pemain, sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan. Sedangkan saat ini kebanyakan pembelajaran disekolah masih digunakan metode pengajaran menggunakan media buku panduan, begitu pula dengan pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri Sukarasa 1 Bandung. Pada pembelajaran kebudayaan daerah di SD Negeri Sukasara 1 Bandung siswa diajarkan mata pelajaran tersebut menggunakan media buku panduan. Setelah dilakukan observasi disekolah, dan berdasarkan hasil diskusi bersama guru mata pelajaran kebudayaan daerah dapat disimpulkan bahwa siswa sedikit mengalami kesulitan dalam memahami mata pelajaran tersebut hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya rasa ketertarikan dan kurangnya perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Ketika hal ini terjadi pada tahap pembelajaran dasar siswa akan mengalami kesulitan mengikuti materi – materi pembelajaran selanjutnya. Maka dengan media game ini akan membuat siswa lebih mudah mengingat materi yang disampaikan oleh guru karena disajikan dalam tampilan yang menyenangkan. Dalam penyusunan Tugas Akhir ini menggunakan metode Digital Game – Based Learning (DGBL). Game Development Life Cycle merupakan pengerucutan dari SDLC untuk sebuah perangkat lunak berjenis game. [Zin 09] memasukan unsur edukasi dalam game dengan menggambarkan diagram alir dari game development life cycle sebagai Digital Game Based Learning – Instructional Design Model (DGBL-ID) yang di adopsi dari model ADDIE. DGBL-ID ini terdiri dari analysis, design, development, QA, serta implementation dan evaluation. (kata kunci : game, edukasi, budaya,ionic,)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:07
Last Modified: 24 Oct 2018 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39838

Actions (login required)

View Item View Item