USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QSPM (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTUCTURE. Tbk)

DYAN MAHARDIKA, 133010021 and Asep Toto Kartaman, DS (2018) USULAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE QSPM (STUDI KASUS : PT. PRIMARINDO ASIA INFRASTUCTURE. Tbk). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Dyan Mahardika (133010021).pdf

Download (883kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Primarindo Asia Infrastructure.Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi sepatu TOMKINS. Produk TOMKINS ini memiliki beberapa karakter produk sepatu, mulai dari sepatu sekolah sampai sepatu olahraga. Pada produk sepatu olahraga ini, perusahaan mendapati masalah, yaitu sulit terjual. Beberapa gejala yang timbul yaitu stock produk sering menumpuk, yang mengakibatkan juga para pekerja sering diliburkan karena hal itu. Menurut manajer pemasarannya, memang perusahaan ini memiliki kesulitan dalam memasarkan produknya. Untuk memberikan usulan strategi pemasaran pada PT. Primarindo Asia Infrastructure.Tbk ini, menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Pada penyusunan strategi tahap 1 menggunakan matrik IFE dan EFE dengan cara membagikan kuesioner kepada top managemen. Pada penyusunan strategi tahap 2 menggunakan matrik IE dan SWOT guna mengevaluasi hasil dari tahap 1. Pada penyusunan strategi tahap 3, dari seluruh usulan alternatif strategi yang diperoleh dari tahap 2 dilakukan pengelompokkan menjadi satu alternatif strategi yang lebih umum. Dari hasil pengolahan data diperoleh 3 prioritas alternatif strategi yang paling menarik dan yang paling mungkin dilakukan yaitu, Strategi Pengembangan Pasar dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 5,77, Strategi Penetrasi Pasar dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 5.58 dan Strategi Pengembangan Produk nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 5.37. Maka strategi yang dipilih untuk mengatasi permasalahan pemasaran di PT. Primarindo Asia Infrastructure.Tbk adalah Strategi Pengembangan Pasar karena strategi imi memiliki TAS sebesar 5,77 dan dengan strategi ini mampu mengupayakan peningkatan penjualan dengan meningkatkan kegiatan promosi dan memperluas pasar. Kata Kunci: matriks IFE, matriks EFE, pemasaran, SWOT, QSPM.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Oct 2018 07:08
Last Modified: 23 Oct 2018 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39585

Actions (login required)

View Item View Item