PENENTUAN RUTE TRUK SAMPAH DI WILAYAH BANDUNG TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS : PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG)

LARAS SHINTA MEGA DEWI SAPUTRA, 143010025 and Yogi Yogaswara, DS (2018) PENENTUAN RUTE TRUK SAMPAH DI WILAYAH BANDUNG TIMUR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA (STUDI KASUS : PD. KEBERSIHAN KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
LARAS SHINTA MEGA DEWI SAPUTRA - 143010025 - TEKNIK INDUSTRI.pdf

Download (555kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

VRP erat kaitannya dengan minimasi jarak dan biaya. Masalah penentuan rute kendaraan ini telah diaplikasikan untuk berbagai masalah mulai dari yang paling sederhana hingga masalah yang kompleks khususnya yang berhubungan dengan transportasi dan logistik. Penentuan rute ini menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh PD. Kebersihan Kota Bandung yang bergerak di bidang pengangkutan sampah karena perusahaan ini belum memiliki rute pengangkutan sampah yang jelas karena terbatasnya jumlah kendaraan dan biaya yang terlalu mahal apabila harus menambah kendaraan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai VRP untuk menentukan rute pengangkutan sampah di wilayah Bandung Timur untuk mengetahui solusi yang dapat diajukan untuk mengurangi jarak dan total ongkos yang harus dikeluarkan perusahaan. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini adalah Algoritma Genetika karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan metode pemecahan masalah optimasi lainnya. Di antaranya bersifat problem independent yang artinya dapat menyelesaikan berbagai jenis permasalahan serta memiliki kemungkinan untuk terus melakukan pencarian solusi yang terbaik dan dapat menjangkau di luar pencarian optimum lokal. Berdasarkan hasil pengolahan data, terdapat tiga rute yang terbentuk dengan volume terangkut untuk masing-masing rute sebesar 7,053 m3, 6,753 m3, dan 6,903 m3. Total jarak yang ditempuh dari ketiga rute tersebut selama satu minggu adalah 519,24 km dengan biaya bahan bakar total sebesar Rp. 882.448,-. Kata Kunci : Pengangkutan Sampah, VRP, Clarke and Wright, Algoritma Genetika

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Oct 2018 05:51
Last Modified: 23 Oct 2018 05:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39583

Actions (login required)

View Item View Item