ANALISIS PERBANDINGAN KETERSEDIAAN JARINGAN HOTSPOT ANTARA AUTO UPGRADE DENGAN MANUAL UPGRADE PADA TEKNOLOGI CAP (CONTROLLED ACCESS POINT) (STUDI KASUS : LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN)

Angga Gumilar, 113040047 and Doddy Ferdiansyah, DS (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KETERSEDIAAN JARINGAN HOTSPOT ANTARA AUTO UPGRADE DENGAN MANUAL UPGRADE PADA TEKNOLOGI CAP (CONTROLLED ACCESS POINT) (STUDI KASUS : LABORATORIUM TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel_Pendaftaran_Wisuda_113030047.pdf

Download (535kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Komunikasi tanpa kabel/nirkabel (wireless) telah menjadi kebutuhan dasar atau gaya hidup baru masyarakat informasi. Access point merupakan perangkat yang biasa digunakan dalam jaringan wireless (Hotspot area) dimana user atau pengguna terhubung ke internet menggunakan media udara melalui perangkat access point. Dengan menjadikan komunikasi nirkabel gaya hidup baru, maka Availbility/Ketersediaan jaringan Hotspot haruslah tersedia dengan baik. Universitas Pasundan Bandung telah terpasang 18 akses poin yang dikelola secara terpusat. Dari sekian banyak akses poin yang dikelola, ada beberapa akses poin yang bisa dikatakan cukup penting di lingkungan Universitas Pasundan Bandung disebabkan ketersediaan jaringan hotspot yang harus selalu tersedia. Dengan menggunakan fitur CAPsMAN (Controller Access Point system Manager) pengelolaan akses poin secara terpusat menjadi lebih mudah, dimana sistem kerja dari CAPsMAN dapat mengelola masing-masing perangkat dari CAP (Controller Access Point). Dengan melakukan auto upgrade CAP yang dikelola oleh CAPsMAN diharapkan bisa menjaga tingkat availability/ketersediaan lebih baik. Kata kunci : Pengukuran Availability, CAPsMAN, Hotspot, Wireless.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Oct 2018 02:55
Last Modified: 23 Oct 2018 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39572

Actions (login required)

View Item View Item