PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG

Tri Indri Lestari, 145010051 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS VIII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Abstract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang digunakan ikut berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini menguatkan penulis untuk menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang dapat membantu siswa kelas VIII SMP Paundan 2 dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Sesuai dengan judul penelitian ini yaitu “Penerapan Pembelajaran Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SMP Pasundan 2 Bandung” (Penelitian Tindakan Kelas pada materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Pasundan 2 Bandung). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research), dengan rancangan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Karena permasalahan dalam penelitian ini bertujuan bagaimana meningkatkan motiasi belajar siswa dalam pembelajaran PPKn materi Kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa, sehingga dengan penerapan metode Discovery Learning ini motiasi dan hasil belajar siswa dapat meningkat Berdasarkan temuan dan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan selama 2 siklus di SMP Pasundan 2 Bandung dengan menggunakan model Discovery Learning dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas VIII, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Kesimpulan, motivasi siswa saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery Learning berjalan sangat baik, hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan metode Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 09:01
Last Modified: 22 Oct 2018 09:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39550

Actions (login required)

View Item View Item