PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMUDA TERHADAP ORGANISASI KARANG TARUNA (Studi Deskriptif dilaksanakan di Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat)

ALFAHMI DWIPUTRA SILALAHI, 145010044 (2018) PERANAN PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMUDA TERHADAP ORGANISASI KARANG TARUNA (Studi Deskriptif dilaksanakan di Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemuda Terhadap Organisasi Karang Taruna di Desa Gudangkahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan atau fenomena yang ada saat ini, dimana tingkat partsipasi pemuda terhadap organisasi karang taruna di desa Gudang kahuripan masih rendah. Kurangnya kesadaran pemuda akan pentingnya berorganisasi dan kurangnya peran pemerintah untuk meningkatkan partisipasi pemuda. Sehingga rumusan masalah pada penelitian ini adalah : Bagaimana kesadaran berpartisipasi pemuda terhadap organisasi karang taruna, Bagaimana peranan Pemerintahan Desa dalam meningkatkan partisipasi pemuda terhadap organisasi karang taruna, Bagaimana Peranan Pemerintahan Desa dalam mengatasi faktor-fakor yang menghambat pemuda untuk berpartisipasi dalam organisasi karang taruna, Bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan partisipasi pemuda dalam organisasi karang taruna di Desa Gudangkahuripan. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini Pemerintah desa Gudangkahuripan dan menjadi variable terikatnya yaitu partisipasi pemuda, Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara dengan kepala desa sebagai pihak pemerintah, serta angket yang dibagikan kepada beberapa pemuda di desa Gudangkahuripan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemerintah desa sudah mengambil peran untuk meningkatkan pertisipasi pemuda, terlihat dari kegiatan-kegiatan yang diadakan. (2) Partisipasi pemuda terhadap organisasi karang taruna yang terhambat oleh beberapa faktor seperti, faktor kesenjangan tingkat Pendidikan dan Faktor Pekerjaan. Kata Kunci : Peran Pemerintah Desa, Partisipasi Pemuda Organisasi Karang Taruna, di Desa Gudangkahuripan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:56
Last Modified: 22 Oct 2018 08:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39549

Actions (login required)

View Item View Item