UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 15 Bandung)

SOVI NURBAYANI, 145010013 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI (Studi Deskriptif Terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 15 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract bhs inggris.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN SOVI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 refisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keprihatinan terhadap maraknya perbuatan korupsi pada masyarakat, meningkatnya perbuatan korupsi yang dilakukan oleh oknum pejabat negara, serta sebagai upaya pencegahan perbuatan korupsi pada generasi muda. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam implementasi pendidikan anti korupsi disekolah melalui upaya guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai anti korupsi kepada siswa. Penelitian ini beralokasi di SMK Negeri 15 Bandung. Adapun yang menjadi sbjek penelitiannya adalah guru kelas X dan siswa kelas X. Proses penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi literature, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, pengolahan data dan analisis melalui proses menyusun, mengkategorikan data, mencari kaitan isi dari berbagai data yang diperoleh dengan maksud untuk mendapatkan maknanya. Penelitian ini dilandasi oleh teori pendidikan ( Ki Hajar Dewantara), teori korupsi (M Dawan Rahardjo), dan kajian civic education (Kaelan). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) bentuk perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru PKn mengenai pendidikan anti korupsi di SMK Negeri 15 Bandung sudah diterapkan nilai-nilai yang baik sesuai dengan pembentukan karakter siswa (2) bentuk pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru PKn mengenai pendidikan anti korupsi di SMK Negri 15 Bandung sudah menerapkan nilai-nilai yang bersifat positif dan normatif didalam materi maupun bentuk program pelaksanaan kantin kejujuran (3) peran guru PKn dalam menilai hasil belajar perilaku anti korupsi siswa di SMK Negeri 15 Bandung sudah dierapkan penanaman sikap jujur, amanah, bertanggung jawab, dan teguh dalam pendirian. Guru PKn diharapkan dapat menjadi pelopor dalam berperilaku anti korupsi. Dengan demikian, maka pendidikan anti korupsi dapat diintegrasikan melalui mata pelajaran PKn. Kata kunci : Guru, PKn, Perilaku Anti Korupsi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:19
Last Modified: 22 Oct 2018 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39528

Actions (login required)

View Item View Item