PERANCANGAN BUDAYA KERJA 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan hitsuke) MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI (STUDI KASUS : DIVISI GUDANG DI PT. BONLI CIPTA SEJAHTERA)

SATRIA VICTORY AGRA PUTRA, 143010066 (2018) PERANCANGAN BUDAYA KERJA 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan hitsuke) MENGGUNAKAN PENDEKATAN ERGONOMI PARTISIPATORI (STUDI KASUS : DIVISI GUDANG DI PT. BONLI CIPTA SEJAHTERA). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
143010066 - Satria Victory Agra Putra.pdf

Download (305kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Bonli Cipta Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak sebagai produsen kue kering di Kota Bandung. Perusahaan menjalankan kegiatan produksi berdasarkan dua musim yaitu high season dan low season. Pada saat high season target produksi mencapai 45000 dus, sedangkan pada saat low seasen hanya 1150 dus. Peningkatan target produksi cukup signifikan pada saat high season mengakibatkan aliran bahan baku didalam gudang semakin meningkat sehingga timbul berbagai permasalahan seperti gudang yang kurang tertata rapi, peralatan kerja tidak disimpan kembali pada tempatnya, dan terdapat beberapa area kerja yang kotor dan tidak higienis. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan memberikan usulan perbaikan terhadap area kerja gudang bahan baku di PT.Bonli Cipta Sejahtera berdasarkan konsep 5S. Agar penerapan konsep 5S dapat memberikan hasil yang maksimal, diterapkan pendekatan ergonomi partisipatori agar semua stakeholder yang berada didalam gudang tersebut terlibat dalam melakukan perbaikan area kerja dengan melakukan FGD. Hasil dari penelitian dengan pendekatan ergonomi partisipatori menunjukkan bahwa pada area kerja gudang bahan baku belum sesuai dengan aktivitas 5S secara optimal dengan skor sebesar 34,5% atau dikategorikan buruk, kemudian diberikan alternatif usulan perbaikan di area kerja berdasarkan konsep 5S seperti pemberian label pada rak penyimpanan, membuat jadwal pembersihan area gudang, dan membuat denah lokasi penyimpanan barang yang kemudian harus diimplementasikan oleh pihak perusahaan agar pencapaian 5S dapat lebih optimalkan. Kata kunci : 5S, Ergonomi Partisipatori, Gudang, dan higienis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:19
Last Modified: 22 Oct 2018 02:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39495

Actions (login required)

View Item View Item