KAJIAN VARIASI PERBANDINGAN AIR TAJIN BERAS HITAM (Oryza Sativa L.) DENGAN SARI BLACK MULBERRY (Morus nigra) TERHADAP KANDUNGAN ANTOSIANIN MINUMAN FUNGSIONAL “RABIRY”

Alin Agustina, 14.302.0105 (2018) KAJIAN VARIASI PERBANDINGAN AIR TAJIN BERAS HITAM (Oryza Sativa L.) DENGAN SARI BLACK MULBERRY (Morus nigra) TERHADAP KANDUNGAN ANTOSIANIN MINUMAN FUNGSIONAL “RABIRY”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
ALIN AGUSTINA 143020105 TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (636kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari variasi perbandingan air tajin beras hitam dengan sari black mulberry terhadap kandungan antosianin total pada minuman fungsional air tajin beras hitam dan sari black mulberry (RABIRY). Manfaat dari penelitian ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai air tajin beras hitam dan sari black mulberry yang dapat dimanfaatkan menjadi minuman fungsional, meningkatkan diversifikasi pangan menggunakan bahan baku yang belum banyak termanfaatkan, serta meningkatkan nilai ekonomis dan nilai fungsional dari air tajin beras hitam dan sari black mulberry. Rancangan percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan 7 perlakuan dan 4 kali ulangan untuk setiap kombinasi perlakuan, sehingga diperoleh hasil 28 percobaan. Respon yang diukur dalam penelitian ini adalah respon kimia yang meliputi kadar antosianin total, kadar sukrosa, kadar protein, dan kadar lemak, respon fisik yang diuji yaitu pH serta respon organoleptik (uji hedonik) terhadap warna, rasa, aroma. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa variasi perbandingan air tajin beras hitam dengan sari black mulberry berpengaruh terhadap kandungan antosianin total minuman fungsional “RABIRY”. Kata kunci : Air Tajin Beras Hitam, Black Mulberry, Minuman Fungsional, Antosianin

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 20 Oct 2018 07:54
Last Modified: 20 Oct 2018 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39487

Actions (login required)

View Item View Item