KAJIAN KONDISI PENGETAHUAN GIZI DAN POLA KONSUMSI TERHADAP POLA PANGAN HARAPAN (PPH) DI DESA CILAMAYA HILIR KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT

Ardelia Fatma Yuliansyah, 133020080 and Tantan Widiantara, DS (2018) KAJIAN KONDISI PENGETAHUAN GIZI DAN POLA KONSUMSI TERHADAP POLA PANGAN HARAPAN (PPH) DI DESA CILAMAYA HILIR KABUPATEN SUBANG JAWA BARAT. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
SYARAT WISUDA_ARDELIA FATMA YULIANSYAH_133020080.pdf

Download (742kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Desa Cilamaya Hilir, Subang merupakan desa hasil pemekaran dari Desa Cilamaya Girang pada tahun 1983. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui keadaan keragaman konsumsi pangan dengan metode Pola Pangan Harapan (PPH) yang dinilai dari kondisi pengetahuan gizi dan pola konsumsi masyarakat di desa tersebut. Maksud penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menghitung nilai Pola Pangan Harapan (PPH) terkait kondisi pengetahuan gizi dan pola konsumsi di Desa Cilamaya Hilir Kecamatan Blanakan Subang. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan mempelajari nilai Pola Pangan Harapan (PPH) terkait kondisi pengetahuan gizi dan pola konsumsi di Desa Cilamaya Hilir Kecamatan Blanakan Subang, Jawa Barat 2017/2018. Penelitian ini dilakukan metode cluster sampling dimana populasi dalam penelitian ini adalah jumlah kepala keluarga (KK) yang berada di Desa Cilamaya Hilir sebanyak 1073 KK dengan jumlah sampel 145 KK. Metode pengolahan data menggunakan Ms. Excel 2010 dan SPSS 21, sedangkan untuk pola konsumsi menggunakan metode pencatatan dan metode food recall 24 jam agar dapat dihitung kebutuhan energi dari pola konsumsi individu dalam rumah tangga dengan menggunakan Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keragaman konsumsi pangan dengan metode Pola Pangan Harapan (PPH) didapat skor PPH sebesar 89 yang dikategorikan baik keragaman konsumsi pangannya untuk masyarakat Desa Cilamaya Hilir. Kata kunci : Pengetahuan Gizi, Pola Konsumsi, Pola Pangan Harapan (PPH).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Oct 2018 02:44
Last Modified: 20 Oct 2018 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39461

Actions (login required)

View Item View Item