USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN NOBRANDEDON MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

LUKMAN HAKIM, 133010197 and Rizky Wahyuniardi, DS (2018) USULAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN NOBRANDEDON MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
133010197, Lukman Hakim.pdf

Download (272kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perusahaan Nobrandedon merupakan usaha yang berfokus dibidang penjualan pakaian berbahan denim. Nobrandedon menyediakan berbagai jenis produk mulai dari celana, jaket dan kaos yang melakukan fokus penjualan dengan menggunakan media sosial dan website. Nobrandedon telah berdiri sejak tahun 2011, pemilik dari Nobrandedon memberikan usulan mengenai strategi pemasaran untuk dijadikan bahan penelitian, untuk meningkatkan penjualan serta pengembangan usaha pada perusahaan, mengingat banyaknya pesaing-pesaing yang bermunculan dalam memproduksi produk berbahan denim agar dapat dilihat strategi apa saja yang dapat dilakukan, berupa strategi integrasi, strategi intensif, strategi diversifikasi, strategi defensif yang dapat diusulkan bagi perusahaan. Dari jumlah produk dan penjualan celana jeans Nobrandedon mengalami peningkatan setiap tahunnya. Peningkatan ini dialami pada seluruh celana jeans yang diproduksi oleh Nobrandedon. Dalam segi kenaikan penjualan tentu perusahaan harus melihat pertumbuhan pasar serta perkembangan jaman yang dihadapi untuk melakukan perbaikan dan langkah – langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyusun strategi yang diperlukan perusahaan. Pengolahan data Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) adalah alat yang memungkinkan para penyusun strategi mengevaluasi hasil berbagai strategi alternatif secara obyektif berdasarkan faktor-faktor keberhasilan penting pada faktor eksternal dan internal yang telah diidentifikasi terlebih dahulu. Matriks tersebut secara obyektif menunjukan strategi alternatif yang baik yang telah dipilih untuk dijadikan pilihan strategi. Secara konseptual tujuan dari QSPM adalah menetapkan kemenarikan relatif (relative attractiveness) dari strategi-strategi yang bervariasi yang dipilih, untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling baik untuk diimplementasikan. QSPM yang digunakan pada penelitian ini yaitu masukan dari analisis Matriks SWOT, Matriks IE (Internal Eksternal) dan Matriks SPACE untuk memperoleh hasil yang diperlukan dalam penyusunan dan pemilihan strategi pada QSPM. Setelah dilakukan pengolahan data dengan menggunakan matriks QSPM maka diperoleh priorotas alternatif strategi operasional yang paling baik berdasarkan nilai TAS (Total Attractive Score) yang terbesar yaitu Strategi Pengembangan Produk (Product Development) yaitu dengan nilai TAS sebesar 5.32, dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa strategi Pengembangan Produk (Product Development) merupakan strategi yang paling cocok digunakan untuk perusahaan Nobrandedon.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Oct 2018 02:32
Last Modified: 20 Oct 2018 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39457

Actions (login required)

View Item View Item