FITRIA, 145040146 (2018) MENERAPKAN METODE APLIKASI RODA KEBERUNTUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.pdf Download (0B) |
|
Text
5. ABSTRAK. indo.pdf Download (0B) |
|
Text
6. ABSTRAK. inggris.pdf Download (0B) |
|
Text
7. ABSTRAK. Sunda.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB I.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB II.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB III.pdf Download (0B) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah ditandai dengan pencapaian siswa pada konsep keanekaragaman hayati masih di bawah KKM berarti perlu adanya perbaikan. Berdasarkan hasil nilai pada tahun sebelumnya pada konsep keanekaragaman hayati terdapat 30% siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum. Berdasarkan hasil wawancara juga didapatkan siswa akan merasa jenuh jika guru hanya dengan metode ceramah dan menggunakan buku sumber saja. Oleh karena itu seorang guru atau pendidik sangat membutuhkan inovasi dalam pembelajarannya. Inovasi tersebut bisa berbasis sains dan teknologi pada konsep yang dipejalajari agar siswa lebih aktif dan senang mempelajari konsep tersebut. Metode pembelajaran inovatif salah satunya metode aplikasi roda keberuntungan dengan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil siswa kelas X dengan menerapkan Metode Aplikasi Roda keberuntungan pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimental desain dengan desain nonequivalent control grup design karena menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kela X IPA 1 dan X IPA 5 SMAN 16 Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 5 dengan skor terendah 3 dan tertinggi sebesar 7. Sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 85 dengan nilai terendah sebesar 7 dan tertinggi sebesar 10. Indeks nilai N-Gain dari hasil pretest dan posttest sebesar 0,73 yang termasuk pada kategori tinggi, ranah afektif menunjukan nilai 80.75 dengan kriteria sangat baik dan ranah psikomotor menunjukan nilai 79,7 dengan kriteria baik. Hasil uji hipotesis menggunakan menggunakan uji t berpasangan menunjukan (0,820) > (0,05) dan (0,007)< (0,05), maka H0 ditolak dan H a diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode aplikasi roda keberuntungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci : metode aplikasi roda keberuntungan, hasil belajar, keanekaragaman hayati
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 03:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 03:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39436 |
Actions (login required)
View Item |