Shidqin A’liyyaa Rajabi, 145040055 (2018) PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MA (Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 5 Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Ingg.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I (shidqin) ACC.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II (shidqin) ACC.pdf Download (678kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III (shidqin) ACC.pdf Download (258kB) | Preview |
|
Text
BAB IV (shidqin) ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
BAB V (shidqin) ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (shidqin).pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati di kelas X IPA MAN 5 Garut. Hal ini dikarenakan proses pengajaran masih menggunakan buku paket biologi dan modul pembelajaran buatan guru sebagai sumber belajar, sehingga 60% siswa mendapat nilai di bawah KKM 75. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi apakah penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia sebagai sumber belajar pada materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MAN 5 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivalenty control group design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrument dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 15 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan bantuan program software IBM SPSS 20.00 for windows yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis dan hipotesis dari posttestmenggunakan uji-t diperoleh nilai signifikansi pada Sig. (2-tiled) yaitu sebesar 0,003 dengan demikian nilai ½ signifikansi < 0,05 maka hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Kata Kunci:Modul Pembelajaran Berbasis Multimedia, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2018 02:15 |
Last Modified: | 18 Oct 2018 02:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39366 |
Actions (login required)
View Item |