ADI KURNIAWAN, 145030091 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA BERFOKUS POLA ADIKASIMBA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMPN 21 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover .pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 .pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (667kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
Text
Daftar Putaka.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur. Menulis teks berita merupakan keterampilan yang menuntut proses berfikir karena ada enam unsur pola Adikasimba yang harus dikembangkan menjadi beberapa paragraf hingga menjadi sebuah cerita. Penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengenai menulis teks berita berfokus pola Adikasimba. Permasalahan saat ini ditandai oleh peserta didik yang sulit dalam menulis teks berita verfokus pola Adikasimba. Metode penelitian yang digunakan adalah metode group investigation. Adapun hasil peneletiannya, sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks berita berfokus pola Adikasimba menggunakan metode group investigation pada siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandung. Adapun nilai yang diperoleh penulis pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,97 dengan kategori nilai baik sekali (A). 2) Siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandung juga telah mampu menulis teks teks berita berfokus pola Adikasimba menggunakan metode group investigation. Dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 23,53 dan nilai rata-rata posttest sebesar 76,96. Jadi, selisih nilai rata-rata pretest dan posttes yaitu 56,96. Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandung dalam pembelajaran menulis teks berita berfokus pola Adikasimba mengalami peningkatan. 3) Metode group investigation efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita berfokus pola Adikasimba. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji statistik thitung > ttabel, yakni 9,56 > 1,05 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 25. Artinya pembelajaran menulis teks teks berita berfokus pola Adikasimba dengan menggunakan metode group investigation berhasil dengan baik. Berdasarkan beberapa fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teks berita berfokus pola Adikasimba menggunakan metode group investigation menunjukan keberhasilan. Kata kunci: Menulis teks berita, pola Adikasimba, Group Investigation
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 08:22 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 08:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39220 |
Actions (login required)
View Item |