Elsana Tantri, 145060248 (2018) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN Karapiak 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 .pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (569kB) | Preview |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
||
|
Text
dapus.pdf Download (161kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran Audio visual dalam pembelajaran sub tema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Karapiak 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi karena pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang kurang menarik dan kurang adanya penggunaan media. Sehingga menyebabkan anak kurang termotivasi dan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Penelitian ini dilakukan selama III siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak 2 pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Karapiak 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, yang berjumlah 29 siswa, diantaranya 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Dalam kegiatan penelitian pembelajaran dengan penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I muncul peningkatan hasil belajar siswa mencapai 30 dengan kategori rendah, siklus II muncul peningkatan hasil belajar siswa mencapai 57 dengan kategori sedang, siklus III muncul peningkatan hasil prestasi belajar siswa mencapai 86 dengan kategori baik. Hambatan dalam proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan media audio visual peneliti menemukan hambatan sebagai berikut yaitu sebagian siswa masih pasif didalam kelas dan kurang menunjukkan sikap percaya diri.kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penerapan media audio visual sangat menunjang terhadap hasil prestasi belajar siswa. Dengan demikian, penerapan media audio visual dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik SD. Kata Kunci: audio visual dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 07:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39195 |
Actions (login required)
View Item |