Siti Utami Yulianti, 145060198 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Bersyukur Atas Keberagaman Pada Kelas IV di SDN Balonggede 1 Kota Bandung Tahun Ajaran 2018 / 2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (735kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melelui model pembelajaran discovery learning pada tema indahnya kebersamaan subtema bersyukur atas keberagaman di kelas IV SDN Balonggede 1 Kota Bandung. Penelitian dilatar belakangi dengan kurangnya sikap peduli, sikap santun,dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dikarenakan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap peduli, sikap santun, dan hasil belajar siswa. Pada siklus I sikap peduli siswa sebesar 83% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase sikap santun siswa sebesar 78% dengan kategori baik. Pada siklus II sebesar 92% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase Pada siklus II sebesar 81% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 98% dengan kategori sangat baik.Pada siklus I rata-rata penilaian hasil belajar siswa pree test post test sebesar 75 dengan presentase 78%. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pree test dan post test siswa sebesar 79 dengan presentase 87% dan pada siklus III sebesar 85 dengan presentase 95%. Dengan demikian analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada tema indahnya kebersamaan subtema bersyukur atas keberagaman. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 06:26 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39172 |
Actions (login required)
View Item |