ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL) (STUDI KASUS : CV. BINTANG BERSINAR)

SEPTIAN PUJA MAHARDIKA, 133010011 (2018) ANALISIS RISIKO KECELAKAAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HIRARC (HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT AND RISK CONTROL) (STUDI KASUS : CV. BINTANG BERSINAR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Tugas Akhir (Septian Puja Mahardika 133010011).pdf

Download (821kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Bintang Bersinar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk tekstil, berupa kaos kaki. Kaos kaki merupakan salah satu produk yang biasa digunakan untuk menutupi bagian kaki. Kesehatan dan keselamatan pekerja merupakan hal yang seharusnya diperhatikan oleh perusahaan, karena pada dasarnya pekerja merupakan bagian penting untuk mencapai target perusahaan itu sendiri. Dalam kegiatan awal proses produksi hingga akhir produksi kecelakaan tidak hanya dikarenakan oleh mesin tetapi juga bahan baku ataupun alat-alat disekitar bagian produksi. Kecelakaan kerja bisa terjadi karena kelalaian pekerja atau disebut dengan human error. Tujuan dilakukannya penelitian ini yang diharapkan CV. Bintang Bersinar dapat mengurangi atau memperkecil terjadinya kecelakaan maka dari itu dilakukan analisis untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebabnya kecelakaan tersebut. Adapun urutan pengolahan data pada tugas akhir ini yaitu: Identifikasi bahaya, Uji Validitas, Uji Realibilitas, Metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control). HIRARC merupakan metode yang menganalisis bahaya yang terdapat pada bagian kerja kemudian dilakukan penilaian risiko untuk mengetahui bagian kerja mana yang mempunyai nilai risiko yang paling berbahaya, dan pengendalian risiko yaitu untuk tindak lanjut dari nilai risiko dengan dilakukan pengendalian risiko yang digunakan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu engineering control, Administrative Control dan Alat Pelindung Diri. Dari hasil penelitian diperoleh dari uji validitas dan uji realibilitas dari 29 sampel menggunakan software spss data tersebut valid dan reliable. Mengidentifikasi aktivitas pekerjaan berjumlah 14 aktivitas pekerjaan. Lalu menentukan bahaya dari aktivitas pekerjaan dengan jumlah 29 potensi bahaya pekerjaan. Lalu menentukan penilaian risiko, penilaian risiko diperoleh dari perkalian rata-rata kekerapan dengan rata-rata keparahan. Hasil penilaian risiko diperoleh 8 variabel tingkat risiko high, 12 risiko medium, dan 9 risiko low. Kata Kunci : Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 05:59
Last Modified: 15 Oct 2018 05:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39161

Actions (login required)

View Item View Item