PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN MESS KARYAWAN PT. JASA MEDIVEST MENGGUNAKAN PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) (STUDI KASUS DI PT. JABAR BUMI KONSTRUKSI)

CEPY CHURNIANTO, 133010075 (2018) PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN MESS KARYAWAN PT. JASA MEDIVEST MENGGUNAKAN PDM (PRECEDENCE DIAGRAM METHOD) (STUDI KASUS DI PT. JABAR BUMI KONSTRUKSI). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Tugas Akhir (Cepy Churnianto 133010075).pdf

Download (622kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Jabar Bumi Konstruksi merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang konstruksi sipil dan gedung. PT. Jabar Bumi Konstruksi merupakan pihak pelaksana proyek pembangunan gedung mess karyawan PT. Jasa Medivest di Dawuan, Cikampek, Karawang. Untuk membangun gedung mess tersebut, perlu dilakukan perencanaan yang matang, mulai dari sumber daya yang dibutuhkan baik manusia maupun material, biaya yang diperlukan serta lamanya proyek berjalan. Dengan adanya penjadwalan sumber daya dapat membantu untuk mengetahui jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk pengerjaan proyek. Untuk proyek pembangunan gedung mess karyawan PT. Jasa Medivest ini, menggunakan metode PDM (Precedence Diagram Method), dikarenakan pelaksanaan proyek dapat dilakukan secara tumpang tindih (overlapping). Permasalahan yang timbul dalam proses perencanaan proyek ini salah satunya merupakan keterbatasan sumber daya, karena adanya pekerjaan yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan dan membutuhkan sumber daya yang sama. Cara yang digunakan untuk mengatasi kekurangan sumber daya yang terbatas adalah dengan melakukan resource leveling. Resource leveling dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas leveling option pada Microsoft Project dengan menggunakan 2 jenis leveling yaitu resource leveling menggunakan splits dan resource leveling tanpa splits. Pada perencanaan awal, proyek dapat diselesaikan dalam waktu 176 hari, akan tetapi dengan ketersediaan tenaga kerja yang ada di proyek perencanaan ini dianggap tidak layak dilakukan. Dari 2 solusi leveling yang dilakukan diperoleh waktu penyelesaian untuk kedua leveling memiliki waktu penyelesaian yang sama yaitu selama 177 hari dengan biaya proyek tetap sebesar Rp 1.458.768.936. Maka dapat dipilih solusi yang paling baik yaitu leveling tanpa splits karena leveling ini tidak perlu melakukan splits (pemberhentian sementara) pada suatu pekerjaan. Kata Kunci: Manajemen Proyek Konstruksi, Precedence Diagram Method (PDM), Resource Leveling, Microsoft Project.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 05:55
Last Modified: 15 Oct 2018 05:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39160

Actions (login required)

View Item View Item