PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 184 Buahbatu Tahun Ajaran 2018/2019)

Dendy Try Kuncoro, 145060055 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN BENDA DI LINGKUNGANNYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN 184 Buahbatu Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DENDY TRY KUNCORO.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas berfikir kreatif dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Discovery learning pada Subtema Manusia dan benda di sekitarnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN BuahBatu dengan latar belakang keadaan siswa yang kurang menunjukkan kreatifitas dan rendahnya hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Discovery learning yang terdiri dari 5 tahap, yaitu memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa, mengorganisasikan siswa untuk meneliti, membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, tekhnik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah tekhnik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas berfikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Discovery learning dapat meningkatkan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa.Hal tersebut dapat di lihat dari nilai rata-rata peningkatan berfikir kreatif belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus 1, 2, dan 3 dengan katagori baik sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus 1 36,67%siswa memiliki nilai kkm tuntas, siklus II 53.33% siswa tuntas, dan siklus III siswa tuntas 90% Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Discovery learning sangat menunjang terhadap peningkataan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model Discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada Subtema Manusia dan benda di sekitarnya. Kata kunci: Discovery learning, berfikir kreatif siswa, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:35
Last Modified: 15 Oct 2018 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39110

Actions (login required)

View Item View Item