PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN GURU TERHADAP PEMANFAATAN TIK DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS : PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 REJASARI KOTA BANJAR)

Muhammad Nur Abdurrah, 11.304.0021 (2018) PENGUKURAN TINGKAT PENERIMAAN GURU TERHADAP PEMANFAATAN TIK DALAM PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN (STUDI KASUS : PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 3 REJASARI KOTA BANJAR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nur Abdurrahman_113040021_Teknik Informatika.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

UNESCO memandu negara-negara anggotanya memahami peran dari TIK untuk kemajuan pendidikan serta beradaptasi dengan tuntutan zaman. Guru menjadi ujung tombak pemanfaatan TIK dalam pendidikan, oleh karena itu guru dituntut memiliki kemampuan dalam memanfaatkan TIK. Sekolah Dasar Negeri 3 Rejasari Kota Banjar telah mulai melakukan implementasi TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran secara bertahap. Maka dari itu diperlukan pengukuran tingkat penerimaan guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pengukuran ini bermaksud untuk mengetahui sejauh mana pengguna dapat menerima dan memahami teknologi. Pengukuran tingkat penerimaan ini dilakukan dengan alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang didalamnya berisi pernyataan-pernyataan yang disesuaikan dengan objek dan subjek penelitian dan mengacu pada variabel-variabel model UTAUT. Hasil dari tugas akhir ini adalah tingkat penerimaan guru terhadap pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 3 Rejasari Kota Banjar saat ini sebesar 61,37% yang berarti termasuk dalam kategori baik. Kata kunci : pengukuran penerimaan, guru , pemanfaatan TIK, UTAUT.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:32
Last Modified: 15 Oct 2018 02:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39109

Actions (login required)

View Item View Item