Sri Ajeng Sundawi, 145060227 (2018) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN VERBAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Deskriptif Kuantitatif dilakukan di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III.pdf Download (441kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa agar mencapai keberhasilan dalam belajarnya. Motivasi Belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu penguatan verbal yang diberikan guru pada saaat pembelajaran. Perbedaan penguatan verbal yang diberikan oleh guru kemudian memunculkan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda pula, seperti halnya motivasi belajar siswa di SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung yang berjumlah 194 siswa, tetapi karena keterbatasan waktu maka dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 124 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk pemberian penguatan verbal dan motivasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian penguatan verbal terhadap hasil regesi linier sederhana didapatkan motivasi belajar siswa dimana X merupakan pengaruh verbal, maka dapat di simpulkan jika motivasi belajar naik sebesar satu satuan maka pengaruh penguatan verbal naik sebesar 1,136. Peranan pengaruh verbal berpengaruh sebesar 62,2% terhadap motivasi belajar, dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri di Kecamatan Cibeuying Kaler Kota Bandung. Kata Kunci: Pemberian Penguatan Verbal, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 01:53 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39097 |
Actions (login required)
View Item |