Eriksya Paska Munggaran, 145060016 (2018) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Korelasional Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover Skripsi Paska.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (691kB) | Preview |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (310kB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki siswa demi keberhasilan belajarnya. Motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain yaitu lingkungan fisik sekolah. Perbedaan lingkungan fisik sekolah yang ada di setiap sekolah kemudian memunculkan motivasi belajar yang berbeda -beda, seperti halnya motivasi belajar siswa kelas V SD Di Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut. Berdasarkan latarbelakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) bagaimana keadaan lingkungan fisik sekolah di Kecamatan Mekarmukti (2) bagaimana rata-rata motivasi belajar siswa di lingkungan sekolah dasar Kecamatan Mekarmukti (3) berapa besar pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap motivasi belajar siswa di Kecamatan Mekarmukti. Metode dalam penelitin ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Mekarmukti yang berjumlah 130 siswa, tetapi karena keterbatasan waktu, dana, dan tenaga, maka dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 99 siswa yang di tentukan menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk lingkungan fisik sekolah dan motivasi belajar siswa. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadaan lingkungan fisik sekolah dalam kategori baik, hal tersebut dapat dilihat dari persentase keseluruhan jawaban siswa yang diperoleh sebesar 72,5%. (2) motivasi belajar siswa V SD d i Kecamatan Mekarmukti tergolong baik. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase skor dari setiap dimensi yang diperoleh. (3) lingkungan fisik sekolah memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 78,1%, sedangkan sisanya sebesar 100%-78,1%=21,9% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: lingkungan fisik, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2018 08:33 |
Last Modified: | 12 Oct 2018 08:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38713 |
Actions (login required)
View Item |