KARAKTERISASI MATERIAL BLOK REM KOMPOSIT KERETA API TYPE T360 (FUTURIS

Fitriani, 133030014 and Bukti Tarigan, DS (2018) KARAKTERISASI MATERIAL BLOK REM KOMPOSIT KERETA API TYPE T360 (FUTURIS. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fitriani (133030014 Teknik Mesin).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kereta api merupakan salah satu Guided Transportation yang memiliki beberapa kelebihan, seperti memiliki kapasitas angkut yang besar, efisiensi dan kelancaran yang lebih baik dibandingkan sarana angkutan lainnya. Salah satu sistem yang menunjang keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api adalah sistem pengereman. Di antara bagian-bagian yang ada dalam sistem pengereman, blok rem termasuk bagian yang sering diganti. Meskipun demikian, kegagalan atau kerusakan suatu produk masih sering terjadi. Maka dari itu dilakukanlah penelitian karakterisasi material pada blok rem komposit untuk mengetahui sifat mekanik, proses pengerjaan dan komposisi kimia yang terkandung pada blok rem komposit yang nantinya akan menjadi masukan khususnya untuk industri – industri dalam negeri dan industri kecil umumnya dalam memproduksi blok rem komposit kereta api. Dari hasil pengujian EDS blok rem komposit ini mengandung unsur Aluminium (Al), Silikon (Si), Molybdenum (Mo) Calcium (Ca), dan sulfur (S). Blok rem komposit ini menggunakan unsur carbon sebagai matriknya. Adapun dari jenis penguat yang digunakannya, blok rem komposit ini menggunakan komposit partikel (Particulate Composites), Dan jika dilihat jenis matriks yang digunakannya, blok rem komposit ini termasuk kedalam jenis komposit matriks polimer (Polymer Matrix Composites – PMC). Dari hasil pengujian kekerasan blok rem komposit mempunyai harga kekerasan sebesar 33 HBW dengan waktu penekanan 10 detik. Kemudian hasil pengujian keausan menggunakan metode ogoshi didapat harga keausan sebesar mm3/mm. Dan berdasarkan pengamatan struktur makro, bahwa proses pembuatan blok rem komposit diperkirakan dengan menggunakan metode metalurgi serbuk. Dengan proses pencampuran serbuk (mixing) kemudian proses pembentukan (Compaction) setelah itu proses pemanasan (Sintering). Kata Kunci : Sepatu Rem Komposit Kereta Api, Metalurgi Serbuk, Komposit partikulat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Oct 2018 05:53
Last Modified: 12 Oct 2018 05:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38672

Actions (login required)

View Item View Item