PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU METAL UNTUK EMERGENCY DOOR DI PT DIRGANTARA INDONESIA DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

ASTARI WIWIT MULYANIWATI, 143010037 (2018) PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU METAL UNTUK EMERGENCY DOOR DI PT DIRGANTARA INDONESIA DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Pendaftaran Wisuda Astari.pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK PT Dirgantara Indonesia merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kedirgantaraan yang memproduksi berbagai jenis pesawat terbang beserta komponen-komponennya. Dalam menjalankan kegiatan operasinya terdapat 78 supplier yang terlibat dalam pengiriman bahan baku yang dibutuhkan. Masing-masing supplier tersebut memiliki kinerja yang berbeda, baik dari segi kemampuan untuk memenuhi spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan, maupun dari segi ketepatan jumlah dan waktu pengiriman bahan baku. Oleh karena itu, pemilihan supplier bahan baku merupakan hal yang harus dilakukan oleh pihak perusahaan, agar kegiatan produksi perusahaan sesuai dengan rencana. Karena pemilihan supplier bahan baku di PT Dirgantara Indonesia harus berdasarkan kesepakatan bersama antara departemen produksi, departemen pengadaan, keuangan, dan departemen penerimaan/pergudangan yang masing masing mempunyai preferensi yang berbeda dan bersifat kualitatif, maka pada penelitian ini pemilihan supplier bahan baku dilakukan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hal ini dilakukan dengan terlebih dahulu menyebarkan kuesioner kepada para pakar yang kegiatannya terkait dengan pengadaan bahan baku dari keempat departemen tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 21 kriteria yang diajukan, terpilih 7 kriteria yang memenuhi preferensi keempat departemen. Setelah ditetapkan sub kriteria dan para pakar yang menentukan bobot dari setiap kriteria dan sub kriteria, maka dilakukan pengolahan dengan menggunakan software Expert Choice (EC). 3 besar urutan prioritas pemilihan supplier bahan baku yang diperoleh adalah INTERTRADE LIMITED, A ROCKWELL COLL dengan nilai terbobot 84,83; dilanjutkan AVTECH TYEE dengan nilai terbobot 83,96; dan urutan ketiga yaitu OMNIA SALES, INC. / PACIFIC AERO SU dengan nilai terbobot 78,33. Kata Kunci : Pemilihan supplier bahan baku, metode Analytic Hierarchy Process (AHP), nilai terbobot.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:26
Last Modified: 11 Oct 2018 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38610

Actions (login required)

View Item View Item