DESAIN GAMIFIKASI PENGISIAN KUISIONER DI TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN

Eka Angga Putra Pratama, 11.304.0361 (2018) DESAIN GAMIFIKASI PENGISIAN KUISIONER DI TEKNIK UNIVERSITAS PASUNDAN. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel_Wisuda_113040361.pdf

Download (373kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Gamification adalah penggunaan dari teknik game design, dan game mechanic untuk meningkatkan non-game konteks. Gamification bekerja dengan membuat teknologi yang lebih menarik, dengan mendorong pengguna untuk terlibat dalam perilaku yang diinginkan, dengan membantu untuk memecahkan masalah, dan dengan mengambil keuntungan dari kecenderungan psikologis manusia untuk terlibat dalam suatu permaianan. Teknik ini dapat mendorong seseorang untuk melakukan pekerjaan yang biasanya membosankan menjadi lebih menyenangkan. Inti dari gamification adalah menciptakan interaksi dengan pengguna melalui suatu mekanisme yang menyerupai game. Pengguna akan merasakan pengalaman yang serupa dengan pengalaman yang muncul saat pengguna memainkan suatu game, yaitu adanya interaksi yang menyenangkan. Saat memainkan suatu game, pemain dituntut untuk mencapai level tertentu, melalui berbagai rintangan untuk mengakhiri suatu level, dan memperoleh reward saat berhasil mengakhiri suatu level. Elemen dan karakteristik game tersebut secara umum diterapkan pada gamification melalui badge, point, dan leaderboard. ( kata kunci : gamifikasi, game )

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:02
Last Modified: 11 Oct 2018 02:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38524

Actions (login required)

View Item View Item