STRATEGI HUMAS SEKRETARIAT DAERAH JAWA BARAT MELALUI EVENT “NGOPI SARAOSNA”

Destya Ayu Lestari, 142050406 (2018) STRATEGI HUMAS SEKRETARIAT DAERAH JAWA BARAT MELALUI EVENT “NGOPI SARAOSNA”. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dafpus.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT eng.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar persetujuan.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi humas Sekretariat Daerah Jawa Barat Melalui Event Ngopi Saraosna”. Event Ngopi Saraosna merupakan salah satu strategi yang dilakukan Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat untuk menaikkan citra instansi pemerintahan dan membudayakan budaya minum kopi di masyarakat dalam rangka mensejahterakan petani kopi lokal melalui strategi public relation yaitu event. Peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat dalam membudayakan, mengenalkan kopi Jawa Barat sekaligus menaikkan citra positif Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat dimata masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat melalui Event Ngopi Saraosna dan mengetahui apa saja hambatan serta solusi dari event Ngopi Sraosna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan teori Philip Kotler yaitu strategi PENCILS. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi yang dilakukan oleh Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat melalui event Ngopi Saraosna dan bagaimana timbal balik yang dirasakan oleh petani kopi Jawa Barat, instansi dan masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi yang dilakukan oleh Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat melalui event Ngopi Saraosna berjalan lancer dan berdampak sangat positif untuk semua pihak. Melalui adanya event Ngopi Saraosna Petani kopi Jawa Barat mendapatkan edukasi dari awal penanaman bibit kopi hingga pengolahan kopi. Event Ngopi Saraosna juga menjadi wadah berkumpul petani kopi Jawa Barat, Barista, Pengusaha kopi sehingga menjadi media promosi kopi Petani Kopi Jawa Barat untuk menambah pendapatan. Event Ngopi Saraosna juga menjadi media publikasi yang low cost bagi Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat untuk menaikkan citra instansi dibanding publikasi melalui media massa yang high cost, dengan adanya event media akan datang sendiri. Masyarakat juga terhibur dan lebih mengenal kopi Jawa Barat. Rekomendasi dari penelitian ini bahwa Strategi Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat merupakan strategi yang tepat dan menguntungkan untuk semua pihak. Namun, ada hal yang harus lebih ditingkatkan seperti menyediakan lokasi tetap, jangkauan event dan publikasi yang gencar agar strategi Humas Sekretariat Daerah Jawa Barat melalui event semakin baik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:46
Last Modified: 11 Oct 2018 01:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38511

Actions (login required)

View Item View Item