PENGUJIAN KECEPATAN REAKSI (QUICK RESPONSE TEST) BERDASARKAN DESAIN EKSPERIMEN 3 FAKTORIAL PADA BEBERAPA ORANG COBA DI CLIMATIC CHAMBER LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA & ERGONOMI (PSK&E) TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG

DEMIRA MEILIA, 143010198 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2018) PENGUJIAN KECEPATAN REAKSI (QUICK RESPONSE TEST) BERDASARKAN DESAIN EKSPERIMEN 3 FAKTORIAL PADA BEBERAPA ORANG COBA DI CLIMATIC CHAMBER LABORATORIUM PERANCANGAN SISTEM KERJA & ERGONOMI (PSK&E) TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Setiap manusia dalam melakukan pekerjaannya memiliki tingkat produktivitasnya masing-masing sebagai bentuk acuan apakah dalam melakukan pekerjaannya terdapat kondisi dimana produktivitasnya menurun atau tidak yang digambarkan dengan pekerjaan yang dilakukannya masih sesuai atau terdapat penyimpangan (error), error tersebut artinya pekerja tidak dalam kondisi siaga dan dengan adanya penurunan kesiagaan atau penurunan performa pada manusia, maka akan berpengaruh pada kecepatan respon atau kecepatan reaksi dari pekerja yang bersangkutan. Kecepatan reaksi adalah lamanya waktu yang terjadi antara pemberian rangsang tunggal sampai timbulnya respons terhadap rangsang tersebut. Tinggi rendahnya kecepatan reaksi seseorang dikarenakan penurunan kesiagaan atau performa yang menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja seorang pekerja. Sampel penelitian adalah mahasiswa aktif angkatan 2014 dan tambahan beberapa karyawan Universitas Pasundan. Sampel tersebut diolah menggunakan Teknik Sampling Stratified Random Sampling dengan strata yang digunakan adalah usia 19-21 tahun, 22-24 tahun dan strata usia ≥25 tahun. Hasil penelitian yang di dapat setelah melakukan pengolahan data menggunakan Design Experiment 3 faktorial dengan faktor yang dicobakan adalah faktor suhu, waktu dan kecepatan alat uji dan digunakan taraf signifikansi sebesar 5%, hasilnya adalah pada strata usia 19-21 tahun faktor yang paling berpengaruh adalah faktor waktu pada taraf 1 menit, untuk strata usia 22-24 tahun faktor yang paling berpengaruh adalah interaksi antara faktor waktu dan faktor kecepatan pada taraf waktu 1 menit dan kecepatan 15 Khz dan untuk strata usia ≥25 tahun faktor yang paling berpengaruh adalah faktor waktu pada taraf 1 menit. Kata Kunci : Kecepatan Reaksi, Stratified Random Sampling, Design Experiment 3 faktorial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:43
Last Modified: 10 Oct 2018 06:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38400

Actions (login required)

View Item View Item