RENCANA PERSEDIAAN BAHAN BAKU OUTSOLE SEPATU MENGGUNAKAN MODEL P BACK ORDER DENGAN TERLEBIH DAHULU PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

SHIFA DAMAYANTI PRATIWI, 143010249 (2018) RENCANA PERSEDIAAN BAHAN BAKU OUTSOLE SEPATU MENGGUNAKAN MODEL P BACK ORDER DENGAN TERLEBIH DAHULU PEMILIHAN SUPPLIER MENGGUNAKAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
SHIFA DAMAYANTI 143010249.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Solindah Kita merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi Outsole sepatu dengan berbagai jenis model, ukuran, dan warna. Bahan baku yang digunakan oleh PT. Solindah Kita terdiri dari berbagai macam jenis bahan baku seperti Polyol, Isocyanate, Katalis, Pigmen, dan Hardener. Bahan baku yang digunakan merupakan jenis bahan kimia, sehingga harus dilakukan pengendalian persediaan bahan baku yang tepat agar kualitas dari bahan baku tidak menurun. Jika kualitas bahan baku menurun, maka akan mempengaruhi kualitas dari barang jadi, dan bahan baku akan berubah menjadi padat jika terlalu lama disimpan di dalam Gudang. Hal tersebut dapat mempengaruhi biaya persediaan ongkos simpan menjadi besar. Selain itu, pemilihan supplier yang tepat pun akan mempengaruhi besarnya ongkos persediaan bahan baku, sehingga diperlukan kriteria – kriteria agar dapat memilih supplier terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode probabilistik dengan model P (dengan memperbolehkan back order), serta dengan menggunakan Analythical Hierarchy Process (AHP). Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi periode pembelian bahan baku untuk, total ongkos persediaan untuk tiap jenis bahan baku, dan kriteria - kriteria penentuan supplier terbaik. Jenis bahan baku yang digunakan terdiri dari 5 jenis, yaitu Polyol, Isocyanate, Katalis, Pigmen, dan Hardener. Kebutuhan bahan baku selama satu tahun untuk Polyol sebanyak 28.602 kg, Isocyanate sebanyak 54.254 kg, Katalis sebanyak 5.669 kg, Hardener sebanyak 1.775 kg, Pigmen sebanyak 130 kg. Sedangkan kriteria – kriteria yang diberikan PT. Solindah Kita untuk menentukan supplier, yaitu Kriteria Harga, Kriteria Pengiriman, dan Kriteria Kualitas.Hasil dari penelitian ini, yaitu periode pemesanan yang optimal untuk setiap jenis bahan baku beserta Total Ongkosnya, dimana menghasilkan penghematan terbesar sebesar Rp. 22.344.465,62, atau sebesar 0,53%. Selain itu, PT. Solindah Kita dapat memilih pemilihan supplier terbaik dengan nilai bobot tertinggi yaitu PT. Dow dengan harga yang murah, konsistensi kualitas yang bagus, dan waktu kirim. Kata Kunci : Model P, Back Order, Total Ongkos, AHP

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:01
Last Modified: 10 Oct 2018 06:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38361

Actions (login required)

View Item View Item