Wadi Agniawan Rahmadika, 142050037 (2018) ANALISIS SEMIOTIKA PADA IKLAN MAGNUM MANTAPKAN LANGKAH. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (718kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Persetujuan.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis terhadap karya Audio Visual yang kini mewabah menjadi sebuah inovasi yang sedemikian rupa, salah satu contoh audio visual tersebut adalah iklan. Dunia periklanan yang ditayangkan melalui media televisi salah satu contohnya iklan Magnum Mantapkan Langkah pastinya memiliki kreativitas, disamping itu iklan rokok dalam menyajikan pesan tidak dengan produknya sekaligus. Hal ini telihat dalam iklan Magnum Mantapkan Langkah dimana perusahaan rokok ingin menawarkan produknya tetapi dengan menampilkan gaya hidup atau dengan tema yang sesuai dengan keadaan di masyarakat, maka dari itu peneliti melakukan penelitian terhadap iklan tersebut dengan judul penelitannya, Analisis Semiotika pada Iklan Magnum Mantapkan Langkah. Mengutarakan makna yang akan penulis teliti melalui objek iklan ini, maka dirumuskan masalah sebagai berikut, pertama apa makna penanda dari iklan Magnum Mantapkan Langkah, kedua apa makna petanda dari iklan Magnum Mantapkan Langkah, dan ketiga apa realitas eksternal pada iklan Magnum Mantapkan Langkah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik. Analisis semiotik memahami dunia sebagai sistem hubungan yang memiliki unit dasar yang disebut dengan tanda. Dengan demikian, semiotika mempelajari hakikat tentang keberadaan suatu tanda. Isi media pada hakikatnya adalah hasil konstruksi realitas dengan bahasa sebagai perangkat dasarnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis semiotika dari Ferdinand Desaussare. Makna penanda yang berkiblat pada kaca mata Ferdinand, suara-suara itu bermaksud untuk membangun suasana dan menambah keharmonisan dalam setiap adegannya yang sedikit demi sedikit menyajikan suara untuk didengarkan secara perlahan sesuai konsep, iklan ini memiliki konsep tersirat yaitu gambaran seorang pria kantoran yang kadang takut akan pikirannya sendiri yang membuat Ia tidak berkembang dan diposisi yang sama tetapi karena Ia yakin maka jalan keluar akan selalu ada dan menuntun langkahnya menuju apa yang ingin di capai. Mengenai iklan rokok magnum mantapkan langkah ini, dilihat dari kompetitor-kompetitor iklan rokok lainnya menurut saya mereka hanya saling berlomba-lomba mengenai gaya hidup yang coba mereka tonjolkan yang menggambarkan identitas dan reputasi dari produknya melalui konsep iklan rokok yang dibuat kebanyakan menggunakan narasi sebagai alat bantu dalam menjelaskan pesan apa yang akan mereka sampaikan. Saran saya coba keluar dari karakter iklaniklan rokok pada umumnya dan coba menggunakan konsep yang baru tanpa bantuan narasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 10 Oct 2018 01:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2018 01:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38332 |
Actions (login required)
View Item |