PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS DENGAN MENGGUNAKAN TRIANGULAR FLOW DIAGRAM DAN ALGORITMA CRAFT (STUDI KASUS : PT SURYA CIPTA MAHENDRA KABUPATEN BOGOR)

MUHAMAD RISQI DIRAPUTRA, 143010187 (2018) PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS DENGAN MENGGUNAKAN TRIANGULAR FLOW DIAGRAM DAN ALGORITMA CRAFT (STUDI KASUS : PT SURYA CIPTA MAHENDRA KABUPATEN BOGOR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
MUHAMAD RISQI DIRAPUTRA 143010187.pdf

Download (539kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Surya Cipta Mahendra merupakan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi perlengkapan restoran cepat saji, salah satu produk yaitu meja outdoor. Permasalahan yang dialami perusahaan yaitu terdapat work in process pada satu titik wilayah workshop akibat jarak dari departemen yang tidak sesuai serta utilitas ruangan yang tidak maksimal menyebabkan terjadinya aliran material yang berpotongan dan beban operator yang terlalu besar. Pemindahan material dengan jarak yang menyebabkan ongkos material handling yang besar untuk itu perlu dilakukan evaluasi aliran material sehingga diperoleh hasil layout perbaikan. Alat yang digunakan untuk memperoleh layout perbaikan yaitu triangular flow diagram dan metode CRAFT. Hasil dari analisis menggunakan triangular flow diagram bahwa layout awal memindahkan material pertahunnya 3.730 ton dengan hasil OMH per tahunnya Rp 20,910,354. Layout alternatif hasil evaluasi menggunakan triangular flow diagram menghasilkan pemindahan material dengan berat 2.423 ton dengan hasil OMH yang dihitung menggunakan algoritma CRAFT yaitu sebesar Rp 21,853.54. dari hasil tersebut disimpulkan bahwa hasil dari evaluasi aliran material dengan triangular flow diagram yaitu berdampak penurunan beban pemindahan material sebesar 35% dan untuk OMH dari hasil algoritma CRAFT dengan tipe pertukaran 2 departemen menghasilkan penurunan OMH sebesar 37%. Dari hasil tersebut dapat dipertimbangkan oleh perusahaan untuk merancang ulang tata letak fasilitasnya sesuai dengan hasil evaluasi dari layout perbaikan menggunakan triangular flow diagram dan algoritma CRAFT Kata Kunci : Triangular Flow Diagram, Algoritma CRAFT, Minimasi OMH, Tata letak Fasilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:36
Last Modified: 09 Oct 2018 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/38052

Actions (login required)

View Item View Item