INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTISME DI SLB C SUKAPURA KIARACONDONG KOTA BANDUNG

AGUS AWALUDIN JAMIL, 142020042 (2018) INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTISME DI SLB C SUKAPURA KIARACONDONG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan FOTO.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Autisme adalah gangguan perkembangan yang melibatkan berbagai perilaku bermasalah termasuk diantaranya masalah berkomunikasi, masalah persepsi, masalah motorik dan perkembangan. Penanganan penderita autisme masih mengalami hambatan, pengetahuan orang tua terhadap akses informasi dan terapi masih kurang. masyarakat yang belum teredukasi sebagian masih memberikan stigma negatif yang menyamakan anak penderita autisme dengan gangguan kejiwaan dan mengasingkan mereka dari kehidupan sosial sehingga hal ini dapat menghambat interaksi sosial penderita autisme. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif. Data-data diperoleh dari hasil wawancara mendalam terhadap informan penelitian, observasi partisipan dan studi literatur. Informan utama dalam penelitian ini adalah satu orang siswa autisme di SLB C Sukapura, dan informan dari lingkungan sosial anak yang melibatkan satu orang guru SLB C Sukapura, dan satu orang tua dari siswa penderita autisme yang diwakili oleh ibu. Hasil penelitian menunjukan interksi sosial pada siswa penderita autisme belum bisa berkembang dengan baik hal tersebut terjadi karena anak tidak dapat mengolah informasi yang masuk pada otaknya, hal tersebut terjadi karena beberapa hal seperti genetik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi interaksi sosial pada siswa penderita autisme dilakukan dengan dua tahap penanganan, pertama penanganan dini yang meliputi intervensi dini yang bertujuan untuk mengetahui seberapa berat autistik yang dialami oleh siswa, kedua penanganan terpadu yaitu pemberian terapi. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kota Bandung, SLB C Sukapura, Dinas Sosial Kota Bandung, untuk bisa mendukung berkembangnya kemampuan interaksi sosial pada siswa penderita autisme. Kata kunci: Autisme, siswa, interaksi sosial, kontak sosial, komunikasi, lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:09
Last Modified: 09 Oct 2018 01:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37980

Actions (login required)

View Item View Item