AGUS AWALUDIN JAMIL, 142020042 (2018) INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTISME DI SLB C SUKAPURA KIARACONDONG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Text
Lembar Pengesahan FOTO.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (360kB) | Preview |
Abstract
Autisme adalah gangguan perkembangan yang melibatkan berbagai perilaku bermasalah termasuk diantaranya masalah berkomunikasi, masalah persepsi, masalah motorik dan perkembangan. Penanganan penderita autisme masih mengalami hambatan, pengetahuan orang tua terhadap akses informasi dan terapi masih kurang. masyarakat yang belum teredukasi sebagian masih memberikan stigma negatif yang menyamakan anak penderita autisme dengan gangguan kejiwaan dan mengasingkan mereka dari kehidupan sosial sehingga hal ini dapat menghambat interaksi sosial penderita autisme. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif. Data-data diperoleh dari hasil wawancara mendalam terhadap informan penelitian, observasi partisipan dan studi literatur. Informan utama dalam penelitian ini adalah satu orang siswa autisme di SLB C Sukapura, dan informan dari lingkungan sosial anak yang melibatkan satu orang guru SLB C Sukapura, dan satu orang tua dari siswa penderita autisme yang diwakili oleh ibu. Hasil penelitian menunjukan interksi sosial pada siswa penderita autisme belum bisa berkembang dengan baik hal tersebut terjadi karena anak tidak dapat mengolah informasi yang masuk pada otaknya, hal tersebut terjadi karena beberapa hal seperti genetik. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi interaksi sosial pada siswa penderita autisme dilakukan dengan dua tahap penanganan, pertama penanganan dini yang meliputi intervensi dini yang bertujuan untuk mengetahui seberapa berat autistik yang dialami oleh siswa, kedua penanganan terpadu yaitu pemberian terapi. Rekomendasi penelitian ini ditujukan kepada Dinas Pendidikan Kota Bandung, SLB C Sukapura, Dinas Sosial Kota Bandung, untuk bisa mendukung berkembangnya kemampuan interaksi sosial pada siswa penderita autisme. Kata kunci: Autisme, siswa, interaksi sosial, kontak sosial, komunikasi, lingkungan sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 01:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 01:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37980 |
Actions (login required)
View Item |