PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DONAT MADU CIHANJUANG

Alif Gustian Pratama Putra, 142040107 (2018) PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DONAT MADU CIHANJUANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_E7344.JPG

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Salah satu industri yang sedang berkembang adalah industri kuliner. Pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia pada saat ini mengalami kemajuan yang pesat, tingkat pendidikan masyarakat pada saat ini yang semakin tinggi disertai dengan selera konsumsi masyarakat yang semakin meningkat. Permasalahan pada Donat Madu Cihanjuang yaitu adanya fluktuasi disetiap bulannya pada tahun 2017 dan tidak tercapainya jumlah penjualan terhadap target yang diharapkan, penyebabnya adalah promosi yang tidak dilakukan secara maksimal seperti pada periklanan melalui media sosial. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh promosi terhadap tingkat penjualan Donat Madu Cihanjuang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada karyawan dibagian divisi toko yaitu sebanyak 20 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi promosi dari Donat Madu Cihanjuang berada pada taraf yang sedang. Promosi dilakukan tanpa ditujukan untuk meningkatkan penjualan, sehingga konsumen Donat Madu Cihanjuang cenderung pasarnya tidak bertambah. Dengan kondisi promosi seperti ini berdampak pada kurang optimalnya penjualan, yang ditunjukan oleh jumlah penjualan, target penjualan dan laba yang diperoleh perusahaan. Hasil pengujian statistik diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif promosi terhadap tingkat penjualan pada Donat Madu Cihanjuang, yaitu ditunjukan dengan persamaan regresi Y = 3,034 + 1.054 X + e, artinya variabel promosi mempunyai arah sebesar 1,054, artinya apabila terjadi kenaikan sebesar satu satuan terhadap variabel promosi maka akan terjadi penaikan penjualan sebesar 1.054 satuan. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar 0.863 dan koefisien determinasi 74,5%. Dengan demikian promosi mempengaruhi penjualan sebesar 74,5% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti seperti bauran produk, distribusi dan penetapan harga. Hambatan – hambatan yang dihadapi perusahaan dalam kegiatan promosi Donat Madu Cihanjuang adalah kurangnya sumber daya manusia yaitu tidak adanya tim khusus promosi dan persaingan antar perusahaan kuliner lain yang semakin ketat khususnya di produk donat. Selain itu upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah perusahaan hanya melakukan promosi melalui brosur dan banner yang terdapat di toko tersebut, dan melalui penetapan harga dan mengembangkan inovasi – inovasi baru yang dapat menarik minat konsumen. Adapun saran dari peneliti adalah perusahaan dapat menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook dan lain – lain dalam melakukan promosi. Hal ini dilakukan agar produk yang dihasilkan dapat dikenal dan sekaligus di nikmati masyarakat luas. Kata kunci : Promosi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:04
Last Modified: 08 Oct 2018 07:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37930

Actions (login required)

View Item View Item