DINAR KAMALUDIN NIM, 145050082 (2018) PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING TEKNIK PETA PIKIRAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
(1) Cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
(6) ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
(7) ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Kajian Teori.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Metode Penelitian.pdf Download (812kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa ternyata masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) mengetahui Self-confidence siswa memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dan 3) untuk mengetahui terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Nasional tahun ajaran 2018-2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 1 menjadi kelas eksperimen dan X-IPS 2 menjadi kelas kontrol yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket Self-confidence yang menggunakan skala Likert. Instrumen tes diujicobakan terlebih dahulu di kelas XI-MIPA. Analisis data menggunakan software SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 2) Self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran. Oleh karena itu metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran dapat dijadikan suatu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Kata kunci : Berpikir Kritis Matematis, Metode Quantum Learning Teknik Peta Pikiran, Self-confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:29 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37912 |
Actions (login required)
View Item |