Dwi Pujiastuti, 142050287 (2018) STRATEGI EMPLOYEE RELATIONS PADA ACARA BJB BETTER AWARD. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
|
Image
lembar pengesahan.jpg Download (5MB) | Preview |
|
Text
COVER.docx Download (187kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (12kB) |
||
Text
BAB II.docx Download (61kB) |
||
Text
4 BAB I.docx Download (26kB) |
||
Text
3 ABSTRAK.docx Download (22kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Employee Relations pada Acara BJB Better Award”. BJB Better Award adalah bentuk apresiasi manajemen atau wujud penghargaan yang diberikan manajemen kepada karyawan-karyawan terbaik Bank BJB dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi dan Komisaris serta seluruh karyawan dan karyawati Bank BJB dengan mengenakan busana sesuai dengan tema yang sudah ditentukan. Acara BJB Better Award didirikan pertama kali pada tahun 2015 BJB Better Award yang diinisiasi oleh Bapak Dadan Yonanda selaku Pemimpin Divisi Sumber Daya Manusia yang sekarang menjadi Divisi Human Capital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi employee relations pada acara BJB Better Award yang diselenggarakan oleh PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) Kota Bandung. Tujuan dari strategi employee relations adalah untuk menciptakan hubungan yang baik antar karyawan, hubungan yang baik bisa dibina dengan komunikasi, oleh sebab itu penelitian ini menganalisis komunikasi interpersonal yang terjalin pada acara tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan Efektivitas Komunikasi Interpersonal dari DeVito. Peneliti memperoleh data dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini melibatan 4 orang informan. Hasil penelitian menujukan bahwa 5 komponen efektivitas komunikasi interpersonal yang meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan yang diimplementasikan oleh sesama karyawan pada saat acara BJB Better Award berlangsung. Efektivitas komunikasi interpersonal keterbukaan dapat dilihat dari kedekatan yang terjalin dan antar karyawan saling berkordinasi pada acara tersebut. Empati ditunjukan dengan banyaknya sikap kepedulian karyawan satu dengan yang lainnya pada acara tersebut. Sikap mendukung dilihat dari partisipasi dan antusianisme karyawan terhadap acara tersebut. Sikap Positif dilihat dari penghargaan yang diberikan perusahaan sebagai bentuk menghargai. Kesetaraan, para karyawan dalam acara BJB Better Award mampu menempatkan diri pada saat berinteraksi, tidak memandang latar belakang karyawan lain. Peneliti merekomendasikan agar pihak perusahaan lebih banyak menyertakan nominasi, menambah perwakilan di setiap cabang, KCP, dan wilayah, sebaiknya perusahaan juga mempublish setiap acara BJB Better Award agar publik eksternal bisa mengetahui acara besar pemberian penghargaan besar yang dibuat oleh perusahaan yang secara tidak langsung akan memberikan kesan positif untuk perusahaan. Kata kunci: employee relations, komunikasi interpersonal, efektivitas komunikasi interpersonal, BJB Better Award, Bank BJB.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018 |
Depositing User: | Mr Iwan Ridwan Iwan |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 02:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 02:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37842 |
Actions (login required)
View Item |