PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA

Via Oktaviani, 145060214 (2018) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sunda.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (739kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap pedui peserta didik melalui model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema Organ Gerak Hewan. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Linggar 01 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik di kelas V SDN Linggar 01 yang tidak aktif saat pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah, padahal guru sudah mengetahui berbagai model pembelajaran, hanya saja jarang digunakan dan dikembangkan, khususnya model inkuiri terbimbing yang tidak pernah digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari 6 tahap yaitu orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil pengolahan data dari hasil observasi aktivitas sikap peduli peserta didik setiap siklusya, dimana pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,5, pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 73,5 dan pada siklus III memperoleh nikai rata-rata 82. Sedangkan untuk hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata 5,6 dengan kategori kurang, siklus II 69,28 dengan kategori cukup dan siklus III 81,9 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang diperelah dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penggunaan model inkuiri terbimbing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil belajar, Sikap Peduli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:08
Last Modified: 05 Oct 2018 08:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37531

Actions (login required)

View Item View Item