PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 6 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ARI HERIYANTO, 135030040 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI DENGAN METODE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 6 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Eng.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sun.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.docx.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (483kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi merupakan bagian dari keterampilan membaca dengan mengoptimalkan kemampuan berpikir secara kritis. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan penulis ialah: 1) Hipotesis pertama diterima. Penulis mendapatkan nilai rata-rata pelaksanaan pembelajaran adalah 3.65; 2) Hipotesis kedua diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil dari nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 27,14 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 82,28; 3) Hipotesis ketiga diterima. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil data uji t, diperoleh derajat kebebasan sebesar 24 dengan tingkat kepercarayaan 95% dan taraf signifikan 5% dengan hasil thitung>ttabel. 4) Hipotesis keempat diterima. Data pretes pada kelas eksperimen ialah skor minimal sebesar 14,29, skor maksimal sebesar 42,86, nilai total sebesar 678,59 dan nilai mean sebesar 27,14. Data postes pada kelas eksperimen mendapatkan hasil skor minimal sebesar 71,43, skor maksimal sebesar 92,86, nilai total sebesar 2057,11 dan nilai mean sebesar 82,28. Data pretes pada kelas kontrol didapatkan hasil skor minimal sebesar 0, skor maksimal sebesar 42,86, nilai total sebesar 450 dan nilai mean sebesar 18. Nilai postes kelas eksperimen dengan skor minimal sebesar 35,71, skor maksimun 85,71, nilai total sebesar 1478,55, dan nilai mean sebesar 59,14; 5) Hipotesis kelima diterima. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,28, nilai rata-rata 59,14; 6) Hipotesis keenam diterima. Pada kelas eksperimen, rata-rata perolehan skor dari lembar pengamatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebanyak 25 orang termasuk pada kategori baik (B). Berdasarkan data tersebut, penulis menyimpulkan bahwa menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi dengan metode think pair and share untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X berhasil. Kata kunci: Membaca, think pair and share, pembelajaran, teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:55
Last Modified: 05 Oct 2018 07:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37525

Actions (login required)

View Item View Item