AJENG ANNIE AGNISHA, 145050083 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI DAN SELF-DIRECTED LEARNING MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER BERWARNA.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan abstraksi matematis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Self-directed Learning siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan self-directed Learning dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan abstraksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa ; (2) mengetahui apakah self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan abstraksi matematis dan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian i ni adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Majalaya. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VII J sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran pendekatan kontekstual dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan abstraksi matematis dan skala self-directed learning. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan abstraksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajran biasa; (2) peningkatan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan abstraksi matematis dan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual. Kata kunci: Pendekatan kontekstual, kemampuan abstraksi matematis, self-directed learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 02:37 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 02:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37461 |
Actions (login required)
View Item |