PENINGKATAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI DAN SELF-DIRECTED LEARNING MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL

AJENG ANNIE AGNISHA, 145050083 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI DAN SELF-DIRECTED LEARNING MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER BERWARNA.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan abstraksi matematis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Self-directed Learning siswa haruslah ditanam dan ditumbuhkembangkan dalam diri siswa, karena melihat peranan self-directed Learning dalam pembelajaran matematika sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan abstraksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa ; (2) mengetahui apakah self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan abstraksi matematis dan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian i ni adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Majalaya. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas VII J sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran pendekatan kontekstual dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan abstraksi matematis dan skala self-directed learning. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan abstraksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajran biasa; (2) peningkatan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) tidak terdapat korelasi antara kemampuan abstraksi matematis dan self-directed learning siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual. Kata kunci: Pendekatan kontekstual, kemampuan abstraksi matematis, self-directed learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:37
Last Modified: 05 Oct 2018 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37461

Actions (login required)

View Item View Item