Reza Supriatna, 145060065 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia Kelas IV SDN Cikaro 1 Kec. Majalaya Kab. Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI RZ.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 .pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 11.pdf Download (834kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 111.pdf Download (939kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas IV-A masih banyak yang kurang semangat dan cenderung siam ketika pembelajaran tematik dalam subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model Problem Based Learning untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas IV-A SD Negeri Cikaro 01 (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. PTK ini direncanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang baik dibuktikan dengan pencapaian hasil rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh pencapaian sebesar 93% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 95% dan pada siklus III sebesar 97%. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh pencapaian sebesar 93% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 94% pada siklus III sebesar 96%. Sementara pada hasil penilaian rasa percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor 18% sedangkan pada siklus II memperoleh skor 59 % pada siklus III 74%. Lalu pencapaian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari siklus I yakni 15% sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 74% pada siklus III memperoleh nilai 85%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Problem Based Learning, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dapat meningkat. Kata Kunci: Problem Based Learning dan Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 08:03 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 08:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37414 |
Actions (login required)
View Item |