Annisa Nazmah Prahmasari, 145050051 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PRODUCTIVE DISPOSITION SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRAK (CPA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (814kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Representasi matematis merupakan kemampuan matematis yang menjadi pengaruh cukup besar dalam perkembangan kemampuan matematatis pada siswa dalam memahami konsep, mengembangkan konsep, dan menghubungkan konsep matematika. Adapun elemen yang tak kalah penting dari kemampuan representasi matematis yaitu productive disposition siswa, kedua hal yang saling berkaitan karena kedua kemampuan tersebut akan saling mempengaruhi satu sama lain. Model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) merupakan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika, melalui keadaan konkrit hingga ke tahap abstrak. Menurut metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelompok, dalam hal ini acak kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis. Tes diujicobakan di kelas VIII. Dari hasil uji coba enam soal, enam soal digunakan untuk tes yang salah satunya digunakan dengan revisi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji perbandingan dua rerata dengan program SPSS Statistic 22 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan Concrete-PictorialAbstract lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (2) Productive disposition siswa yang memperoleh pendekatan Concrete-PictorialAbstract lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan representasi matematis dan productive disposition siswa yang memperoleh pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract. Kata Kunci : Kemampuan Representasi Matemaits, Kemampuan Productive Disposition, Pendekatan Pembelajaran Conctere-Pictorial-Abstract (CPA).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 04:27 |
Last Modified: | 04 Oct 2018 04:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37360 |
Actions (login required)
View Item |