PEMANFAATAN GOOGLE CARDBOARD SEBAGAI HEADSET VIRTUAL REALITY UNTUK MEMPROYEKSIKAN KONSEP 3 DIMENSI

Dewa Dermawan, 13.304.0211 and Mellia Liyanthy, Ds and Erik, DS (2018) PEMANFAATAN GOOGLE CARDBOARD SEBAGAI HEADSET VIRTUAL REALITY UNTUK MEMPROYEKSIKAN KONSEP 3 DIMENSI. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
133040211.pdf

Download (232kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Virtual Reality adalah salah satu interaksi antara manusia dengan komputer yang membuat penggunanya merasakan berada pada suatu lingkungan buatan yang berada pada komputer. Banyak cara untuk dapat merasakan pengalaman Virtual Reality salah satunya adalah dengan menggunakan Google Cardboard. Google Cardboard merupakan salah satu teknologi virtual reality dari beberapa perangkat VR yang ada di pasaran yang mudah dijangkau masyarakat. Selain murah, Google Cardboard mengandalkan kemudahan dalam pemakaiannya dengan perangkat smartphone sebagai layar VR. Google Cardboard dapat memberikan pengalaman Virtual Reality karena menggunakan sensor-sensor yang terdapat pada perangkat Smartphone. Metode yang digunakan dalam pemanfaatan Google Cardboard sesuai dengan referensi dari buku “Google Cardboard for Manufacturers”, yang terdiri dari 4 Tahap, yaitu analisis, pembuatan, verifikasi, dan pengujian. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk membuat Google Cardboard dengan bahan yang tepat dan harga yang lebih murah dibanding dengan harga headset VR dari produk-produk perusahaan lain. Hasil dari penelitian ini adalah Headset Virtual Reality dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah didapat di kehidupan sehaari-hari. Kata-kata kunci : Virtual Reality, Google Cardboard, Smartphone

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:47
Last Modified: 03 Oct 2018 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37330

Actions (login required)

View Item View Item