MENINGKATKAN KEMAMPUAN SIGHT SINGING PADA PELATIHAN PADUAN SUARA DENGAN MEDIA NOTASI BRAILLE DI SLB N – A BANDUNG. Romi Alfitasar 13 . 60400 06

Romi Alfitasar dan Djaelani, S.Sn., M.Sn . MENINGKATKAN KEMAMPUAN SIGHT SINGING PADA PELATIHAN PADUAN SUARA DENGAN MEDIA NOTASI BRAILLE DI SLB N – A BANDUNG. Romi Alfitasar 13 . 60400 06. Skripsi(S1) thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
0 Cover Romi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar, Abstrak, Daftar isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 - 5.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN ROMI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang cara meningkatkan kemampuan sight singing pada kelompok paduan suara tuna netra ynag merupakan sebuah ekstrakuliluler di SLB N – A Bandung. Sight singing diperlukan untuk dikuasai oleh seorang penyanyi. Sight singing sendiri merupakan bagian dari solfegio yang dimana seluruh penyanyi wajib untuk menguasai nya. Sight Singing merupakan bagian dari kemampuan solfegio yang harus dikuasai oleh setiap penyanyi. Solfegio sendiri memiliki pondasi di dalamnya yang sama sama bersinergi dan harus dikuasai oleh setiap penyanyi. Pondasi tersebut antara lain (1) Kemampuan Men dengar ( ear training ), yaitu kemampuan untuk mendengarkan musik, baik ketepatan ritmik maupun ketepatan nada nya. Kemudian (2) Kemampuan Membaca ( sight reading ), berbekal dengan kemampuan mendengar yang baik, siswa harus didorong lagi dengan kemampuan memb aca yang baik tanpa persiapan terlebih dahulu. Membaca disini memiliki arti dapat memahami segala bentuk notasi yang tertulis pada partitur. Terakhir yaitu (3) Kemampuan Bernyanyi (s ight singing). Sight singing sendiri memiliki pengertian bernyanyi dengan cara membaca notasi tanpa persiapan sebelumnya. Dengan berbekal pendengaran yang baik dan kemampuan membaca notasi yang baik, para siswa harus dapat pula menyanyikannya dengan baik tanpe persiapan sebelumnya dengan cara membaca notasi pada partitur yang ad a. Namun bagi orang awas, hal tersebut sangat mudah untuk dipelajari dikarenakan mereka hanya perlu berlatih bentuk bentuk notasi dan membaca notasi. Sedangkan untuk orang yang memiliki keterbatasan khususnya tuna netra seperti pada siswa SLB N – A Bandung , dalam hal membaca notasi, diperlukan alat bantu khusus untuk memungkinkan mereka membaca notasi musik. Alat bantu yang diperlukan untuk orang tuna netra dalam membaca notasi adalah Notasi Braille. Notasi Braille adalah sebuah bentuk tulisan notasi musik yang di tuliskan cetak timbul yang memiliki aturan tersendiri. Cara membacanya adalah dengan meraba - raba notasi tersebut. Oleh karena itu, peneliti berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan kemampuan sight singing yang dimana para siswa diharuskan untuk dapat membaca notasi kemudian mereka nyanyikan tanpa persiapan sebelumnya adalah dengan cara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:44
Last Modified: 03 Oct 2018 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37285

Actions (login required)

View Item View Item