YOGA LESMANA, 145020104 (2018) PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMK MVP ARS INTERNASIONAL KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indo.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT england.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
Pengesahan&Pernyataan.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (128kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengupayaan sarana dan prasarana belajar di SMK MVP ARS INTERNASIONAL Bandung . Untuk mengetahui minat belajar siswa di SMK MVP ARS INTERNASIONAL Bandung. Dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 21 siswa. Indarawan dan Yaniawati (2016, hlm. 51) Mengatakan: Peneliti dengan menggunakan metode-metode dalam pendekatan kuantitatif yang selanjutnya disebut penelitian kuantitatif, adalah suatu bentuk penelitian ilmiah yang mengkaji suatu permasalahan dari suaru fenomena, serta melihat kemungkinan kaitan atau hubungan-hubungannya antara variabel dalam permasalahan yang ditetapkan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai sarana dan prasarana belajar 3,94 berada pada kategori “baik”, sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 3,95 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y = 0,759+6,394X) dapat dijelaskan jika terjadi peningkatan sebesar 1 pada variabel sarana dan prasarana belajar terhadap minat belajar siswa 6,394. Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel sarana dan prasarana belajar terhadap minat belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 85,80%, sedangkan sisanya sebesar 14,86% dipengaruhi oleh faktor di luar variabel sarana dan prasarana belajar. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bagi sekolah dan guru bahwa sarana dan prasana belajar berpengaruh terhadap minat siswa yang diterapkan pada mata pelajaran administrasi umum sub pokok bahasan alat praga,alat pengajar,media pengajar,ruang kelas dan perpustakaan. Artinya semakin baik sarana dan prasrana diupayakan maka akan berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa dan diharapkan dapat menambah ilmu mengenai pentingnya memaksimalkan sarana dan prasrana belajar dalam meningkatkan minat belajar siswa sehingga pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dalam mengkaji pelajaran lain dikelas yang berbeda. Kata Kunci: Sarana dan Prasarana, Minat Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:52 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37250 |
Actions (login required)
View Item |