NAFIISAH, 145030001 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MEMERHATIKAN UNSUR PEMBANGUN BERFOKUS PADA DIKSI MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING (PEMBELAJARAN BERSIKLUS) PADA SISWA SMK PURAGABAYA KELAS X TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cove.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak..pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ringkesan.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I..pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II..pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III..pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text
BAB IV..pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V..pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Menulis Puisi dengan Memerhatikan Unsur Pembangun Berfokus pada Diksi adalah salah satu pembelajaran yang mempermudah siswa dalam proses pengembangan kreativitas dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, dan ide pokok. Metode Pembelajaran Cycle Learning adalah metode untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik. Sehubungan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian mengenail pembelajaran menulis teks puisi berdasarkan unsur pembangun berfokus pada diksi pada siswa kelas X SMK Puragabaya Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini: (1)mampukah peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun berfokus pada diksi, kepada siswa kelas x tahun ajaran 2017/2018; (2)mampukah siswa pada kelas eksperimen melaksanakan menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun berfokus pada diksi menggunakan metode pembelajaran cycle learning pada siswa kelas x tahun ajaran 2017/2018; (3)efektifkah metode cycle learning diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangun berfokus pada diksi. Tujuan penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dirumuskan penulis, yaitu untuk mencapai keberhasilan penulis dalam merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran yang dilakukan; mengetahui kemampuan peserta didik kelas X dalam pembelajaran tersebut; dan keefektifan metode pembelajaran yang digunakan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen, desain penelitiannya true eksperimen, dengan teknik penelitian yaitu studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Adapun hasil hasil penelitiannya sebagai berikut:(1) nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3.95. Adapun rinciannya terdiri dari nilai perencanaan sebesar 3.9, dan nilai pelaksanaan sebesar 3,95. (2) nilai rata-rata pretes yaitu 50.15 dan nilai rata-rata postes sebesar 90.78. (3) Metode pembelajaran Cycle Learning lebih efektif dari metode Take and Give. Hal ini dibuktikan dari hasil data indeks gain, diperoleh hasil responden pada kelas eksperimen 81.25% dalam kategori tinggi, sementara pada kelas kontrol sebagian besar responden yaitu sebanyak 55.17% dalam kategori rendah. Saran ini diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Adapun saran tersebut sebagai berikut. Guru Bahasa Indonesia hendaknya menciptakan pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan agar siswa dapat belajar aktif, kreatif, dan berpikir kritis, salah satunya dengan menggunakan metode atau teknik pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran dan dapat membangkitkan motivasi peserta didik untuk belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pem-belajaran menulis puisi dengan metode cycle learning efektif digunakan dalam menulis puisi, unsur pembangun berfokus pada diksi di kelas X SMK Puragabaya Bandung. Kata Kunci: Menulis Puisi berdasarkan unsur pembangun berfokus pada diksi, metode Cycle Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:30 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37210 |
Actions (login required)
View Item |