PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFFERING) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP

RISVIA FEBY NURFITRI, 145050047 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFFERING) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan representasi matematis memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa menguasai materi matematika. Selain dalam aspek kognitif siswa, aspek afektif siswa juga perlu diperhatikan karena keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat. Salah satunya dalam aspek pengembangan sikap siswa adalah self-efficacy. Namun pada kenyataannya kemampuan tersebut masih belum memadai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering ) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Mengetahui kemampuan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran REACT terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baleendah. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala self-efficacy. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran REACT lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran REACT lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; (3) Model pembelajaran REACT memiliki efektivitas besar terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci :Kemampuan Representasi Matematis, Self-efficacy, Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:34
Last Modified: 03 Oct 2018 01:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37174

Actions (login required)

View Item View Item