PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 11 Bandung)

ELMA FEBRIANI, 145020053 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 11 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. RINGKESAN.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Studi Kasus Pada Kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 11 Bandung”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif metode Student Facilitator And Explaining (SFE); 2) mengetahui keaktifan belajar siswa; 3) mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif metode Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode survey. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 11 Bandung yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data: observasi dan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan meliputi: uji validitas, uji reliabilitas. Analisis instrumen yang digunakan meliputi: uji normalitas, uji regresi linear, dan analisis koefisien determinasi /uji besar pengaruh dengan menggunakan program SPSS versi 23,0. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif metode student facilitator and explaining mendapat sambutan baik dari siswa dan memperoleh rata-rata dari hasil rekapitulasi jawaban responden terhadap kuesioner variabel X sebesar 4,03 (81%) dan termasuk kategori sangat baik. Presepsi sangat baik yang diberikan siswa karena metode student facilitator and explaining membuat situasi belajar sangat menyenangkan, materi yang dipelajari lebih mudah dipahami, dan pembalajaran lebih terarah; 2) Keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan dan mendapat rata-rata dari hasil rekapitulasi jawaban responden mengenai kuesioner variabel Y sebesar 4,12 (82%) dan termasuk kategori sangat baik. Presepsi sangat baik ditunjukan siswa dengan cara mengikuti kegiatan pembelajaran dengan sangat baik sehingga pembelajaran lebih menarik; 3) Terdapat pengaruh positif variabel X terhadap Y sebesar 39,3%. Sebagai penutup, penulis menyampaikan saran agar setiap pendidik dan calon pendidik harus selektif memilih model pembelajaran yang akan diterapkan di kelas. Hal ini bertujuan agar karakteristik siswa yang pasif bisa berubah menjadi aktif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Facilitator and Explaining (SFE), Keaktifan Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 05:55
Last Modified: 02 Oct 2018 05:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37101

Actions (login required)

View Item View Item