PENDEKATAN PEMBELAJARAN THE BIG 6 BERORIENTASI TEKNOLOGI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI

Maya Rosmayani Wahidah, 145040077 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN THE BIG 6 BERORIENTASI TEKNOLOGI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
13. Dapus.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan teknologi. Namun pendekatan pembelajaran dan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa yang merupakan salah satu keterampilan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar siswa belum diterapkan sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web pada konsep transport membran di SMAN 17 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest serta angket tertutup. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan one sample t-test diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web. Kemampuan literasi informasi siswa yang dianalisis dari hasil pretetst serta angket men galami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web pada konsep transport membran dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi Informasi, Teknologi, The Big 6, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:31
Last Modified: 02 Oct 2018 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37099

Actions (login required)

View Item View Item