Maya Rosmayani Wahidah, 145040077 (2018) PENDEKATAN PEMBELAJARAN THE BIG 6 BERORIENTASI TEKNOLOGI WEB UNTUK MENINGKATKAN LITERASI INFORMASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT inggris.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (825kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
13. Dapus.pdf Download (212kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang keterampilan abad 21 serta perkembangan teknologi. Namun pendekatan pembelajaran dan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) sebagai langkah untuk meningkatkan kemampuan literasi informasi siswa yang merupakan salah satu keterampilan abad 21 untuk meningkatkan hasil belajar siswa belum diterapkan sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web pada konsep transport membran di SMAN 17 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest serta angket tertutup. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda sebanyak 10 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan software IBM SPSS 20.0 for windows melalui uji normalitas dengan uji statistik Shapiro-Wilk selanjutanya dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan one sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan one sample t-test diperoleh nilai 0,000 atau nilai signifikansi <0,05, yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web. Kemampuan literasi informasi siswa yang dianalisis dari hasil pretetst serta angket men galami peningkatan. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran The Big 6 berorientasi web pada konsep transport membran dapat meningkatkan literasi informasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Literasi Informasi, Teknologi, The Big 6, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2018 04:31 |
Last Modified: | 02 Oct 2018 04:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37099 |
Actions (login required)
View Item |