JUAL BELI BENDA VIRTUAL MELALUI SISTEM GACHA (MESIN PENJUAL OTOMATIS) DALAM GAME DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA

FIKAR ESLAMY, 131000269 (2018) JUAL BELI BENDA VIRTUAL MELALUI SISTEM GACHA (MESIN PENJUAL OTOMATIS) DALAM GAME DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara dalam suatu game untuk mendapatkan keuntungan atas game yang dipublikasikannya yaitu melalui In-App Purchase (IAP), suatu game menjual benda virtual kepada para pemain game untuk mempermudah jalannya permainan. Salah satu sistem penjualan benda virtual yang ditawarkan dikenal dengan sebutan gacha (Mesin Penjual Otomatis), jual beli melalui sistem gacha merupakan suatu bentuk jual beli yang baru dimana pembeli tidak mengetahui secara pasti benda virtual yang akan didapatkan ketika membeli benda virtual menggunakan sistem gacha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis keabsahan jual beli benda virtual melalui sistem gacha (mesin penjual otomatis) dalam game dihubungkan dengan buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, akibat hukum terhadap jual beli benda virtual melalui sistem gacha (mesin penjual otomatis) dalam game dihubungkan dengan buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, serta perlindungan hukum pihak pengguna jual beli benda virtual melalui sistem gacha (mesin penjual otomatis) dalam game dihubungkan dengan buku III Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Metode yang digunakan dalam spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu analisa terhadap peraturan dalam Buku III KUHPerdata yang terkait dengan hal-hal yang menjadi permasalahan. Tahap penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan yakni mengumpulkan sumber data primer, sekunder dan tersier, dilanjut-kan dengan penelitian lapangan melalui dialog dan tanya jawab dengan pihak-pihak yang akan dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumen yang menelaah data sekunder meliputi bahan hukum primer, sekunder dan tersier dan penelitian lapangan dilakukan melalui wawancara. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu data kepustakaan dan data lapangan serta analisis data secara yuridis kualitatif yaitu tata cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis yaitu data yang diperoleh baik data sekunder maupun data primer apa yang ditanyakan oleh responden secara tertulis atau lisan, diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan bahwa jual beli benda virtual melalui sistem gacha (mesin penjual otomatis) dalam game adalah jual beli yang tidak memenuhi syarat sah perjanjian Pasal 1320 ke-4 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, akibat hukum terhadap sistem jual beli benda virtual melalui sistem gahca (mesin penjual otomatis) dalam game adalah batal demi hukum yang dikarenakan tidak terpenuhinya syarat ke-4 Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang merupakan syarat objektif sebagaimana diatur dalam Pasal 1335 KUHPerdata dan perjanjian tersebut dihapuskan dan dianggap tidak pernah ada sama sekali sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1265 KUHPerdata dan perlindungan hukum pihak pengguna jual beli benda virtual melalui sistem gacha (mesin penjual otomatis) dalam game menjadi tidak ada sama sekali sebagaimana telah diatur dalam Pasal 1788 Buku III KUHPerdata. Kata Kunci : Jual-beli, Benda virtual, Sistem, Gacha

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Ramadhan S -
Date Deposited: 01 Oct 2018 01:07
Last Modified: 01 Oct 2018 01:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37004

Actions (login required)

View Item View Item