EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG (STUDI PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT NOMOR 1 TAHUN 2008 TENTANG PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG KAWASAN BANDUNG UTARA)

Oke Sunardi Mangku Alam, NPM : 138010001 (2018) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG (STUDI PERATURAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT NOMOR 1 TAHUN 2008 TENTANG PENGENDALIAN PEMANFAATAN RUANG KAWASAN BANDUNG UTARA). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Oke Sunardi Mangku Alam.docx

Download (0B)

Abstract

Kawasan cekungan Bandung yang merupakan salah satu kawasan andalan dan pusat kegiatan nasional (PKN) di Jawa Barat juga mempunyai arti penting bagi keutuhan ekosistem Jawa Barat dalam mendukung kehidupan, pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan menjamin pembangunan berkelanjutan. Kawasan Bandung Utara (KBU) sebagai kawasan konservasi air di cekungan Bandung diharapkan dapat mendukung kualitas lingkungan kawasan cekungan Bandung. Lahan konservasi di KBU mengalami perusakan akibat dari adanya aktivitas yang mengabaikan aspek hukum dan kelestarian lingkungan. Akibatnya terjadi penyusutan luas hutan yang seharusnya dijaga sebagai wilayah resapan air. Selain itu kerusakan di KBU akan mempengaruhi daya dukung lahan serta kemampuan lingkungan dalam menyangga keseimbangan ekosistem. Dalam perkembangannya hingga saat ini, pertumbuhan dan perkembangan penggunaan lahan di KBU masih belum terkendali sehingga menimbulkan gangguan fungsi lindung baik di kawasan itu sendiri maupun kawasan bawahannya. Issue yang cukup lama menjadi persoalan dan sampai saat ini masih menjadi persoalan adalah masalah pengelolaan Kawasan Bandung Utara (KBU). Penelitian ini mengunakan teknik analisis data Mixed Methods atau Metode Kombinasi (kuantitatif dan kualitatif). Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah efektivitas kebijakan menurut Riant Nugroho (2011), yang menyatakan bahwa model efektivitas kebijakan berkenaan dengan: Dimensi Tepat Kebijakan; Dimensi Tepat Pelaksanaan; Dimensi Tepat Target; Dimensi Tepat Lingkungan; dan Dimensi Tepat Proses. Masing-masing dimensi tersebut akan diukur tingkat efektivitasnya, sehingga pada akhirnya akan dilihat masalah atau isu apa yang menjadi prioritas utama dalam upaya OptimalisasI Kebijakan pengendalian pemanfaatan ruang Kawasan Bandung Utara (KBU). Key words: Efektivitas Kebijakan, Kawasan Lindung, Pengendalian Pemanfaatan Ruang

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Sep 2018 07:42
Last Modified: 21 Sep 2018 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36570

Actions (login required)

View Item View Item