THIA YULISTIA, 145050006 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.pdf Download (0B) |
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (0B) |
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (0B) |
|
Text
15. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (0B) |
|
Text
16. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (0B) |
|
Text
17. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (0B) |
|
Text
18. BAB IV HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
19. BAB V SIMPULAN & SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (0B) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan berpikir kritis dan Self Regulated Learning masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis yaitu dengan model pembelajaran Problem Posing. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui apakah Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X SMA Pasundan 1 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelompok atau acak kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis sebanyak 6 soal dan angket untuk mengukur Self Regulated Learning dengan 30 butir pernyataan. Tes diujicobakan di kelas XI. Dari hasil uji coba 6 soal, semua soal layak digunakan dan angket Self Regulated Learning layak digunakan untuk penelitian dengan sedikit revisi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji perbandingan dua rerata dengan program IBM SPSS Statistic 20.0. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) Self Regulated Learning siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis matematis dan Self Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing. Kata Kunci: Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Self Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:59 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36566 |
Actions (login required)
View Item |