SARI ASIH, 145010008 (2018) PERANAN GURU PKN MELALUI PENDEKATAN CHARACTER BUILDING DALAM MENANGGULANGI KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH ( Studi Deskriptif dilaksanakan di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER skripsi SARI.pdf Download (0B) |
|
Text
abstrak sari.pdf Download (0B) |
|
Text
Abstract englis.pdf Download (0B) |
|
Text
Skripsi BAB I sari fix-1.pdf Download (0B) |
|
Text
Skripsi BAB II sari fix.pdf Download (0B) |
|
Text
skripsi bab III sari FIX.pdf Download (0B) |
|
Text
skripsi Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
Skripsi BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA bab 2.pdf Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peranan Guru PKn Melalui Pendekatan Character Building dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Sekolah (Studi Deskriptif dilaksanakan di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu)”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Guru PKn Melalui Pendekatan Character Building dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Sekolahdi SMAN 1 Kandanghaur Indramayu. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang bentuk-bentuk kenakalan remaja di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, faktor-faktor penyebab kenakalan remaja di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, tindakan pencegahan yang dilakukan Guru dan Sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja, tindakan pemberian sanksi yang dilakukan Guru dan Sekolah di SMAN 1 Kandanghaur Indramayu, upaya pembinaan yang dilakukan Guru dan sekolah SMAN 1 Kandanghaur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Yang melalui tahap Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik, Guru Bimbingan Konseling, Guru Mata Pelajaran PKn dan Perwakilan dari Peserta Didik di lingkungan SMAN 1 Kandanghaur Indramayu yang berjumalah 5 orang dan penyebaran angket sebanyak 50 angket, untuk 50 orang. Secara garis besar analisis data meliputi tiga langkah yaitu : (1) Persiapan, (2) tabulasi, (3) penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Analisis data dapat dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara besamaan yaitu: (a) Reduksi Data, (b) Display Data, dan (c) Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Dengan hasil penelitian bahwa Pendekatan melalui Character Building dalam menanggulangi kenakalan remaja dengan menggunakan tahap pencegahan, pemberian sanksi dan pembinaan karakter yang diberikan oleh Guru dan didukung Oleh tata tertib yang ada dilingkungan disekolah dapat mengurangi dan menanggulangi kenakalan remaja di lingkungan SMAN 1 Kandanghaur. Akhir penelitian, peneliti menyampaikan kesimpulan bahwa Peranan Guru PKn Melalui Pendekatan Character Building sangat berperan penting dalam menanggulangi kenakalan remaja dikalangan peserta didik. Kata Kunci: Guru PKn, Character Building, Kenakalan Remaja
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 03:00 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36559 |
Actions (login required)
View Item |